Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Film Denias Senandung di Atas Awan Serta Relevansinya Dengan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar

Zakariyah, Yogi Aldias (2022) Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Film Denias Senandung di Atas Awan Serta Relevansinya Dengan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
UPLOAD E THESIS 203180250 YOGI ALDIAS ZAKARIYAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada era modern saat ini banyak sekali fenomena mengenai dekadensi motivasi belajar anak-anak terutama saat Pandemi Covid-19. Fenomena tersebut banyak sekali ditemukan baik di kanal berita maupun beberapa penelitian. Anak mulai kehilangan semangat dalam belajar karena berbagai faktor yang mempengaruhi diantaranya kurangnya perhatian dari orang tua, minimnya perhatian guru, sampai dengan kondisi lingkungan yang kurang mendukung terhadap kegiatan pembelajaran saat ini. Hal tersebut disebabkan kurangnya dorongan motivasi pada anak untuk belajar sehingga menjadikan mereka enggan belajar. Salah satu upaya dalam mengatasi hal itu adalah melalui penanaman nilai-nilai pendidikan karakter kepada anak. Implementasi nilai pendidikan karakter menunjang anak untuk terus semangat dalam belajar. Adapun cara untuk membangkitkan motivasi belajar anak yakni melalui tontonan film karena merupakan tayangan yang digemari mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Berdasarkan pengamatan awal dalam film Denias senandung di atas awan banyak termuat implementasi nilai-nilai pendidikan karakter serta semangat motivasi belajar sehingga sarat akan topik penelitian yang dilakukan peneliti.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter pada film Denias senandung di atas awan, (2) mendeskripsikan relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam film Denias Senandung di atas awan dengan motivasi belajar anak-anak sekolah dasar.
Data pada penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Kepustakaan (Library Research) dengan penggunaan teknik analisis isi. Sumber data yang digunakan peneliti adalah Film Denias senandung di atas awan. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data literer.
Berdasarkan analisis data dalam Film Denias senandung di atas awan terdapat beberapa hasil penelitian antara lain (1) terdapat nilai-nilai dalam film Denias senandung di atas awan, yaitu memiliki tekad yang kuat dalam mencapai tujuan, mandiri, pantang menyerah, dan memiliki sikap kerja keras dalam upaya menggapai segala hal, (2) Nilai-Nilai pendidikan karakter dalam Film Denias senandung di atas awan relevan dalam meningkatkan motivasi belajar anak-anak sekolah dasar yang dibuktikan melalui karakter mandiri, kerja keras, dan pantang menyerah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ika Rusdiana
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2022 05:30
Last Modified: 20 Jun 2022 05:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19210

Actions (login required)

View Item View Item