..(SCAN SATU LEMBAR PENUH LEMBAR PENGESAHAN DAN KEASLIAN TULISAN, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA MELALUI PEMBUATAN KONTEN DAKWAH PAI DI INSTAGRAM PADA KELAS X SMKN 1 JENANGAN PONOROGO

Cahyaningtyas, Ratna Dewi (2022) ..(SCAN SATU LEMBAR PENUH LEMBAR PENGESAHAN DAN KEASLIAN TULISAN, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA MELALUI PEMBUATAN KONTEN DAKWAH PAI DI INSTAGRAM PADA KELAS X SMKN 1 JENANGAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180188 RATNA DEWI CAHYANINGTYAS PAI.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Kreativitas siswa adalah kemampuan siswa untuk menciptakan atau
menghasilkan sesuatu yang baru, pembelajaran PAI dan Budi Pekerti BAB 9 semester
2 kelas X di SMKN 1 Jenangan, membahas mengenai tema “Meneladani Perjuangan
Dakwah Rosulullah di Madinah” salah satu cara dalam menasehati sesama muslim
adalah dengan cara berdakwah. Pembelajaran PAI yang seharusnya menjadi mata
pelajaran favorit malah menjadi mata pelajaran yang membosankan dan sulit untuk
dipahami dikarenakan siswa merasa jenuh dengan suasana pembelajaran yang kurang
menyenangkan, metode penyampaian biasanya dengan metode ceramah, terkait
penilaian melalui tanya jawab dan mencatat rangkuman hal ini menyebabkan kurangnya
kreativitas siswa dalam pembelajaran. Peneliti memberikan solusi terkait permasaahan
tersebut dengan membuat konten dakwah sebagai penilaian hal ini juga selaras dengan
teori yang dikemukakakn oleh Guilford dalam Ika Lestari, “ salah satu hasil kreativitas
adalah menciptakan sebuah produk”, adanya materi meneladani perjuangan dakwah
dalam mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti, diharapkan siswa kelas X di SMKN 1
Jenangan dapat memahami secara mendalam dan bisa mengimplementasikan pada
kehidupan sehari hari.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui dan menjelaskan
implementasi pembuatan konten dakwah saat pembelajaran PAI pada materi
meneladani perjuangan dakwah Nabi Muhammad SAW di Madinah dikelas X LAS B
tahun ajaran 2021/2022 (2) Untuk mengetahui hasil dari penilaian dengan membuat
konten dakwah pada mata pelajaran PAI dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas X
LAS B tahun ajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2
siklus, dengan model penelitian yang dikembangkan oleh Kurt Lewin, dimana metode
ini memiliki empat tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pola
penelitian yang digunakan ialah penelitian terintegrasi yakni, inisiatif dan masalah yang
akan diteliti berasal dari peneliti luar, peran guru sebatas sebagai pelaksana tindakan.
Hasil dari observasi penerapan penilaian kreativitas siswa saat pembelajaran
PAI pada materi meneladani perjuangan dakwah Nabi Muhammad SAW di Madinah
dikelas X LAS B menunjukkan, kreativitas siswa mengalami peningkatan yang cukup
baik dari siklus I hingga siklus II. Begitu juga hasil dari penilaian membuat konten
dakwah PAI kategori tuntas yang awalnya pada siklus I terdapat 11 siswa dengan
presentase 38%, mengalami perbaikan peningkatan pada siklus II menjadi 27 siswa
tuntas dengan presentase 93% Jadi dapat diambil kesimpulan bahwasanya penerapan
penilaian dengan membuat konten dakwah PAI pada materi meneladani perjuangan
dakwah Nabi Muhammad di Madinah dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas X
LAS B SMKN 1 Jenangan Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2022 02:12
Last Modified: 20 Jun 2022 02:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19185

Actions (login required)

View Item View Item