Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Penerimaan Peserta Didik Baru di SMPN 1 Sawoo

Wardaningsih, Nur Widiayanti (2022) Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Penerimaan Peserta Didik Baru di SMPN 1 Sawoo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
206180049_NUR WIDIAYANTI W_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Wardaningsih, Nur Widiayanti. 2022. Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Penerimaan Peserta Didik Baru di SMPN 1 Sawoo. SKRIPSI. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Wahid Hariyanto, M,Pd.I.
Kata Kunci : Strategi, Kepala Sekolah, Penerimaan Peserta Didik Baru
Kepala sekolah merupakan nahkoda pendidikan yang menjalankan pendidikan ke arah tujuan yang telah ditentukan. Dalam upaya meningkatkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) kepala sekolah perlu merancang strategi untuk mencapai sasaran. Strategi dilakukan agar lembaga pendidikan tidak kekurangan peserta didik. Namun ternyata masih banyak kepala sekolah yang kurang maksimal dalam melaksanakan strategi untuk menarik peserta didik baru. Akibatnya banyak lembaga pendidikan jenjang SMP kekurangan peserta didik. Sebagaimana yang terjadi di Ponorogo, bahwasannya 43 SMP Negeri di Ponorogo masih kekurangan peserta didik dalam tahun ajaran baru 2021/2022. Sehingga dari 56 SMP Negeri hanya 13 SMP Negeri yang memenuhi pagu dalam PPDB 2021/2022. Rincian kuota PPDB pada jalur zonasi 50%, prestasi 20%, dan 30% dari jalur afirmasi dan perpindahan. Berdasarkan hal tersebut kepala sekolah harus menjalankan strategi untuk menarik minat semua calon peserta didik baru yang ada didalam maupun diluar zonasinya agar mau melanjutkan ke lembaga tersebut.
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) mendeskripsikan bentuk strategi kepala sekolah dalam meningkatkan penerimaan peserta didik baru di SMPN 1 Sawoo 2) menganalisis penerapan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan penerimaan peserta didik baru di SMPN 1 Sawoo 3) menganalisis implikasi penerapan strategi kepala sekolah terhadap animo calon peserta didik baru di SMPN 1 Sawoo.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Di mana Peneliti terjun langsung ke lapangan untuk menggali data sesuai dengan rumusan masalah yang telah disusun. Pengumpulan data diperoleh Peneliti melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik yang dipilih dalam analisis data adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan verification atau penarikan kesimpulan. Dan teknik keabsahan data menggunakan meningkatkan ketekunan dan triangulasi.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Bentuk strategi kepala sekolah dalam meningkatkan penerimaan peserta didik baru di SMPN 1 Sawoo yaitu melalui promotion mix yang terdiri dari: advertising periklanan online dan offline, personal selling melakukan kunjungan ke sekolah sasaran, sales promotions menampilkan keunggulan lembaga, public relation menjalin hubungan baik dengan masyarakat, direct marketing melakukan sosialisasi langsung ke SD, word of mouth penyampaian informasi dari penerima layanan pendidikan. 2) Penerapan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan penerimaan peserta didik baru di SMPN 1 Sawoo melalui program promotion mix yaitu advertising secara online melalui media sosial dan offline memasang banner di tempat yang strategis, personal selling membentuk penanggung jawab sekolah sasaran dan berkunjung ke sekolah sasaran, sales promotions menampilkan keunggulan dan prestasi peserta didik di media sosial dan juga banner, public relation memberikan sembako pada masyarakat sekitar, bakti sosial, mengadakan perlombaan untuk SD, direct marketing melakukan sosialisasi langsung kepada calon peserta didik, mengadakan perlombaan yaitu Sp1nza Students Challenge (SSC) sebagai media menarik calon peserta didik baru, word of mouth melibatkan OSIS untuk menceritakan SMP kepada calon peserta didik baru. Program yang direncanakan sudah dianggarkan agar dapat berjalan dengan lancar. Program yang dilakukan tidak terlepas dari SOP kegiatan. 3) Implikasi penerapan strategi kepala sekolah terhadap animo calon peserta didik baru di SMPN 1 Sawoo mendapat respon positif. Dari program yang dilakukan mampu menarik perhatian calon peserta didik baru mereka tertarik dengan ekstrakurikuler yang ada di dalam SMP sehingga mereka merasa senang dan mendaftarkan diri di SMPN 1 Sawoo. Sehingga dari strategi yang digunakan berimplikasi positif terhadap animo calon peserta didik baru dan adanya peningkatkatan jumlah peserta didik baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahid Hariyanto
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2022 05:16
Last Modified: 20 Jun 2022 05:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19183

Actions (login required)

View Item View Item