Penanaman Kedisiplinan Santri Melalui Kegiatan Pengajian Sorogan Al-Qur'an di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo

Afiandi, Yusuf (2022) Penanaman Kedisiplinan Santri Melalui Kegiatan Pengajian Sorogan Al-Qur'an di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201180242_YUSUF AFIANDI_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Afiandi, Yusuf. 2022. Penanaman Kedisiplinan Santri melalui Kegiatan Pengajian Sorogan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. H. Sutoyo, M.Ag.

Kata Kunci: Disiplin, Sorogan Al-Qur’an, Pondok Pesantren
Pondok pesantren adalah sebuah bentuk lembaga pendidikan yang memiliki peran besar yang mampu menghadirkan alternatif baru dari sistem pembelajaran modern melalui berbagai macam kegiatan, salah satu kegiatannya yaitu pengajian sorogan Al-Qur’an. Kegiatan pengajian tersebut merupakan kegiatan positif yang menjadikan santri memiliki sikap disiplin. Sikap disiplin tersebut muncul karena metode pengajian yang digunakan di Pondok Pesantren al-Barokah adalah monolog, top-down dan indoktrinatif. Adapun penanaman kedisiplinannya yaitu melalui adanya peraturan-peraturan dan ta’ziran bagi yang melanggarnya.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan tentang pelaksanaan pengajian sorogan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo (2) Menjelaskan bentuk penanaman kedisiplinan santri melalui pengajian sorogan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo (3) Menjelaskan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pengajian sorogan Al-Qur’an dalam pembentukan kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo (4) Menjelaskan dampak kegiatan sorogan Al- Qur’an bagi santri PonPes Al-Barokah.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di PonPes lAl- Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo. Ada 16 santri, pengasuh dan ustadz sebagai subyek penliti. Metode pengumpulan data menguakan tehnik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisisnya melalui tahap reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan pengajian sorogan Al-Qur’an yang ada di Pondok Pesantren Al-Barokah ini mengunakan metode pengajaran tradisional yaitu dengan sistem monolog, top-down dan indoktrinatif. Adapun tujuan menerapkan metode pengajian sorogan Al-Qur’an ini diharapkan santri dapat meningkatkan sikap istiqomah dalam menjalankan ibadah dalam mengaji dan juga memudahkan para santri untuk melatih jiwa kedisiplinanya dan merupakan jalan untuk memudahkan para santri agar bisa memahami pelajaran yang diterima di pondok pesantren. (2) Bentuk penanaman kedisiplinan dalam pengajian sorogan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Barokah ada tiga yaitu: (a) Disiplin waktu. Contoh: berangkat mengaji tepat waktu, (b) Disiplin menegakkan aturan. Contoh: adanya ta’ziran bagi santri yang telat, dan (c) Disiplin sikap. Contoh: santri menjadi sadar akan pentingnya menaati peraturan. (3) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pengajian sorogan Al-Qur’an dalam pembentukan kedisiplinan santri di Pondok Pesantren al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo yaitu (a) Faktor pendukung pelaksanaan pengajian sorogan Al-Qur’an yaitu kemampuan pengasuh dan ustadz-ustad, sarana dan prasarana, dan semangat santri. (b) Faktor penghambat pelaksanaan pengajian sorogan Al-Qur’an yaitu kurangnya kesadaran santri.(4) Dampak dari kegiatan sorogan Al-Qur’an bagi para santri yaitu, santei lebih lancar dalam membaca Al-Qur’an, disiplin waktu, disiplin membaca dan belajar Al-Qur’an dan juga para guru atau ustadz menjadi lebih sabara.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sutoyo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jun 2022 06:48
Last Modified: 17 Jun 2022 06:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19139

Actions (login required)

View Item View Item