Keluarga Sakinah Dalam Perspektif Keluarga Pekerja Migran Indonesia di Desa Dukuh Kecamatan Lembeyan Kabupaten Magetan

Khoiri, Yusron (2022) Keluarga Sakinah Dalam Perspektif Keluarga Pekerja Migran Indonesia di Desa Dukuh Kecamatan Lembeyan Kabupaten Magetan. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
503190021 Yusron Khoiri Ahwal Syakshiyyah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Banyak diantara mayarakat yang beranggapan bahwa keluarga yang menjadi pekerja migran Indonesia sulit untuk mewujudkan keluarga sakinah, tentram, dan damai. Keluarga yang hidup bersama saja banyak permasalahan yang harus dihadapi dan diselesaikan bersama. Apalagi bagi mereka yang harus hidup berjauhan.Namun kenyataanyabanyak keluarga pekerja migran Indonesia yang tetap sakinah, tentram, damai, dan kehidupan keluarga mereka juga berjalan lancar, seperti halnya yang terjadi pada keluarga pekerja migran Indonesia yang ada di Desa Dukuh, Kecematan Lembeyan, Kabupaten Magetan.Dari fenomena tersebut maka peneliti ingin menjelaskan bagaimana pemahaman keluarga pekerja migran Indonesia di Desa Dukuh, Kec Lembeyan, Kab Magetan tentang keluarga sakinah serta bagaimana upaya keluarga tersebut dalam mewujudkan keluarga sakinah. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa keluarga sakinah menurut pendapat keluarga pekerja migran Indonesiakeluarga yang tentram, damai, adanya komunikasi yang baik, musyawarah dan adanya saling perhatian serta kasih sayang antara suami istri ataupun anggota keluarga yang lainya, dengan demikian keluarga sakinah menurut pehaman mereka bisa dikatakan sesuai dengan teori keluarga sakinah, walaupun ada perbedaan dalam pengungkapanya. Sedangkan upaya keluarga pekerja migran Indonesia dalam mewujudkan keluarga sakinah ada banyak cara yang digunakan dan bisa peneliti katakan berhasil, karena keluarga pekerja migran Indonesia tersebut dapat memenuhi kriteria-kritera keluarga sakinah.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Rohmah Maulidia
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jun 2022 04:05
Last Modified: 17 Jun 2022 04:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19127

Actions (login required)

View Item View Item