..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)..Implementasi Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf Di Pondok Pesantren "Wali Songo" Ngabar Ponorogo

Fawaid, Moh Khoirul (2022) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)..Implementasi Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf Di Pondok Pesantren "Wali Songo" Ngabar Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
501180012 - MOH KHOIRUL FAWAID.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Wakaf adalah salah satu upaya penting dalam pemberdayaan ekonomi pesantren. Pemberdayaan ini dapat terwujud apabila ditunjang dengan pengelolaan yang profesional sehingga lembaga mendapatkan banyak manfaat dan keuntungan untuk pengembangan pendidikan dan pengajaran, kesejahteraan para guru, pengurus dan orang-orang yang turut berjuang membantu Pondok Ngabar serta akan mampu mencapai kemandirian ekonomi seperti yang telah di cita-citakan selama ini. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Teknik analisa data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan penalaran yang digunakan yaitu metode penalaran deduktif. Adapun hasil dari penelitian ini diantaranya: 1) Bentuk-bentuk aset wakaf di Pesantren Ngabar yang dikelola melalui lembaga wakaf YPPW-PPWS berdasarkan bagian ke-6 Pasal 16 Undang-undang Wakaf Nomor 41 Tahun 2004 terdiri dari benda tidak bergerak dalam bentuk; wakaf tanah dan bangunan dan benda bergerak dalam bentuk; wakaf uang dan kendaraan. 2) Model pengelolaan wakaf di Pesantren Ngabar sebagaimana Undang-undang Wakaf Nomor 41 Tahun 2004 Pasal 43 ayat (1) dan (2) telah berjalan dan dikelola dengan baik yaitu dilaksanakan dengan prinsip syariah dan telah dikelola secara produktif, terdiri dari; perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan SDM, kepemimpinan dan pengawasan. 3) Manfaat wakaf terhadap penambahan nilai ekonomi dan kesejahteraan di Pesantren Ngabar diantaranya untuk; sarana kegiatan dan ibadah, sarana pendidikan dan kesehatan, bantuan beasiswa yatim piatu berupa pemberian SPP gratis kepada santri yatim dan kurang mampu, peningkatan ekonomi dan kesejahteraan umum. Namun, penambahan nilai ekonomi akan lebih maksimal jika terdapat lembaga wakaf khusus agar seluruh potensi dapat tersentuh dan terberdayakan.

Kata Kunci: Wakaf, Nazir wakaf, Implementasi, Undang-Undang Nomor 41/2004

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2022 01:50
Last Modified: 16 Jun 2022 01:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19045

Actions (login required)

View Item View Item