..(UPLOAD ULANG FILE SESUAI KETENTUAN LENGKAPI BAB 1 SAMPAI 5)...PENGASUHAN ANAK PADA PANTI ASUHAN YATIM PIATU DAN DU’AFA NURUS SYAMSI PERSPEKTIF ḤAḌĀNAH

JOKO, MUHAMMAD (2022) ..(UPLOAD ULANG FILE SESUAI KETENTUAN LENGKAPI BAB 1 SAMPAI 5)...PENGASUHAN ANAK PADA PANTI ASUHAN YATIM PIATU DAN DU’AFA NURUS SYAMSI PERSPEKTIF ḤAḌĀNAH. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210115-MUHAMMAD JOKO-HKI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Joko, Muhammad, 2022. Pengasuhan Anak Pada Panti Asuhan Yatim Piatu Dan Du’afa Nurus Syamsi Perspektif Ḥaḍānah. Skripsi Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Dr. Ahmad Junaidi, M.H.I.

Kata Kunci/Keyword: Pola, Anak, Panti Asuhan, Ḥaḍānah

Islam sangat memperhatikan hak manusia, termasuk pengasuhan anak dalam pemenuhan hak anak. Pengasuhan anak atau juga disebut pemeliharaan anak dalam Islam disebut dengan Ḥaḍānah. Ḥaḍānah maksudnya adalah kewajiban orang tua untuk memelihara dan mendidik anak mereka dengan sebaik-baiknya dalam segala hal. Di zaman sekarang ini peran orang tua terkadang dilimpahkan ke lembaga panti asuhan yang membantu mengentaskan pemenuhan hak anak sebagaimana pengasuhan di P.A Nurus Syamsi Bungkal Ponorogo.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi pengasuhan anak di Panti Asuhan Yatim Piatu dan Du’afa Nurus Syamsi ditinjau dari perspektif Ḥaḍānah dan, 2) Bagaimana pemenuhan hak-hak anak atas Pendidikan dan Kesehatan di Panti Asuhan Yatim Piatu dan Du’afa Nurus Syamsi dalam perspektif Ḥaḍānah.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan menggunakan bersifat kualitatif dengan paparan penjelasan secara deskriptif (bukan dalam bentuk angka-angka). Jenis data yang digunakan adalah data primer (data yang diperoleh secara langsung di lapangan oleh peneliti). Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan model interaktif supaya tercipta efektivitas data dan tidak menggunakan kalimat yang berbelit-belit, sehingga peneliti memiliki kuasa untuk memangkas, menyingkat, memperjelas, mengurangi, maupun menambahkan data secara wajar tanpa mengurangi makna sebenarnya dari sumber data murni di lapangan.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengasuhan anak yang ada di P.A Nurus Syamsi Bungkal Ponorogo dilakukan dengan penuh tanggungjawab dan memegang prinsip keislaman layaknya hubungan orang tua dan anak. Adanya kegiatan pengasuhan di P.A Nurus Syamsi merupakan bentuk inisiatif dari orang-orang yang peduli dan digerakkan hatinya oleh visi misi keislaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: AHMAD JUNAIDI
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2022 01:29
Last Modified: 14 Jun 2022 01:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18886

Actions (login required)

View Item View Item