Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Fiqih Kelas 2 di MIN 1 Ponorogo

Khoiruddin, Ahcmad Rizky (2022) Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Fiqih Kelas 2 di MIN 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180003_AHCMAD RIZKY KHOIRUDDIN_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Khoiruddin, Ahcmad Rizky. 2022. Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar
Siswa Dalam Mata Pelajaran Fiqih Kelas 2 di MIN 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegururuan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, M. Fathurahman, M.Pd.

Kata Kunci: Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar Fiqih

Kegiatan akhir dari aktivitas belajar adalah adanya output atau hasil/prestasi belajar. Untuk mencapai tingkat belajar sesuai dengan tujuan dan sasaran Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Ponorogo, maka perlu adanya perhatian orang tua yang baik. Slameto mengungkapkan bahwa orang tua yang kurang atau tidak memperhatikan pendidikan anaknya dapat menyebabkan anak tidak atau kurang berhasil dalam belajarnya. Pemilihan perhatian yang digunakan juga akan sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui perhatian orang tua terhadap pendidikan anak di rumah (2) Mengetahui prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran fiqih di sekolah (3) Mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran fiqih di sekolah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk expose facto. Adapun sumber data diperoleh dari populasi yang berjumlah 23 siswa dan sampel yang digunakan sampel jenuh berjumlah 23 siswa di kelas 2 Al-Biruni MIN 1 Ponorogo. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Kemudian data di analisis dengan mencari rata-rata (mean), median, jumlah total pervariabel dan standar deviasi kemudian persentase setiap variabelnya untuk menjawab rumusan masalah 1 dan 2, selanjutnya menggunakan regresi linier sederhana untuk menjawab rumusan masalah 3, yaitu adakah pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran fiqih di sekolah.
Berdasarkan analisis data ditemukan hasil bahwa (1) Perhatian orang tua terhadap
pendidikan anak di rumah termasuk dalam bilangan sedang, ini terbukti dari 23 responden yang menjadi sampel ternyata memperoleh hasil rendah 9% sebanyak 2 orang, sedang 91% sebanyak 21 orang, dan tinggi 0% sebanyak 0 orang (2) Prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran fiqih di sekolah termasuk dalam bilangan sedang, ini terbukti dari 23 responden yang menjadi sampel
ternyata memperoleh hasil rendah 4% sebanyak 1 orang, sedang 83% sebanyak 19 orang, dan
tinggi 13% sebanyak 3 orang (3) Ada pengaruh yang besar antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas 2 Al-Biruni di MIN 1 Ponorogo. Besar pengaruhnya adalah 19,2%, sedangkan 80,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dipelajari. Dengan persamaan regresi Y= 45,506 + 0,468X.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Fathurahman
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2022 07:53
Last Modified: 10 Jun 2022 07:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18766

Actions (login required)

View Item View Item