Efektivitas Penggunaan Aplikasi E-learning Dalam Evaluasi Pembelajaran Akidah Akhlak Di Kelas X MAN 2 Ponorogo

Indriana, Lathif (2021) Efektivitas Penggunaan Aplikasi E-learning Dalam Evaluasi Pembelajaran Akidah Akhlak Di Kelas X MAN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317074_LATHIF INDRIANA_PAI_PERPUS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Indriana, Lathif. 2021. Efektivitas Penggunaan Aplikasi E-learning Dalam Evaluasi Pembelajaran Akidah Akhlak Di Kelas X MAN 2 Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbng Ahmad Nu’man Hakiem, M. Ag.
Kata Kunci: Efektivitas, Evaluasi Pembelajaran, Aplikasi E-learning
Adanya virus Covid-19 prosesi pembelajaran mengalami kendala yaitu semua pembelajaran dialihkan menjadi daring, bahkan evaluasinya juga dilakukan secara daring. Dalam masa pandemi Covid-19 ini guru Akidah Akhlak kelas X di MAN 2 Ponorogo melakukan evaluasi secara daring dengan memanfaatkan aplikasi yang telah disediakan oleh madrasah yaitu E-learning. Namun pada pelaksanaannya guru masih belum maksimal menggunakan seluruh kompetensi dalam melakukan evaluasi melalui e-learning.
Tujuan Penelitian di MAN 2 Ponorogo adalah : 1) Untuk menjelaskan penerapan evaluasi pembelajaran akidah akhlak melalui e-learning di kelas X MAN 2 Ponorogo. 2) Untuk menjelaskan efektifitas evaluasi pembelajaran akidah akhlak dalam memenuhi kompetensi melalui e-learning di kelas X MAN 2 Ponorogo.
Metode yang digunakan penelitian adalah metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas X tahun ajaran 2020/2021 semester genap. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik pengumpulan data peniliti mengikuti konsep yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil peneliti menunjukkan bahwa: 1) Penerapan evaluasi pembelajaran akidah akhlak melalui e-learning di kelas X MAN 2 Ponorogo adalah dengan melihat perencanaan evaluasi yang telah disusun dalam RPP. 2) Efektivitas evaluasi pembelajaran akidah akhlak dalam memenuhi kompetensi melalui e-learning di kelas X MAN 2 Ponorogo adalah sangat efektif jika digunakan pada kompetensi pengetahuan melalui teknil CBT (Computer Basic Test) karena nilai yang keluar secara otomatis ketika peserta didik sudah selesai mengerjakan tugas. Nilai tersebut hasil murni dari pengetahuan yang dimiliki peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dengan nilai rata-rata yang didapat dari peserta didik di kelas MIPA 3 80,6 , MIPA 5 79,5 dan IPS 3 63,8. Untuk kompetensi keterampilan dan sikap guru masih belum maksimal melakukan evaluasi menggunakan e-learning. Pada kompetensi keterampilan guru melakukan evaluasi dengan melihat kecepatan peserta didik dalam mengumpulkan tugas melalui e-learning. Pada kompetensi sikap guru melakukan evaluasi dengan melihat respon dari peseta didik melalui media sosial yaitu Whasapp ketika guru masuk grup kelas online dengan mengucapkan salam, mengingatkan peserta didik untuk melakukan pembiasaan, dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Nu'man Hakiem
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Jan 2022 05:02
Last Modified: 18 Jan 2022 05:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17825

Actions (login required)

View Item View Item