PENINGKATAN POTENSI PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM PEMBELAJARAN VOCATIONAL SKILL DI MADRASAH ALIYAH MA'ARIF AL-AZHAR CARANGREJO SAMPUNG PONOROGO

Mardiana, Putri Lillya (2021) PENINGKATAN POTENSI PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM PEMBELAJARAN VOCATIONAL SKILL DI MADRASAH ALIYAH MA'ARIF AL-AZHAR CARANGREJO SAMPUNG PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PUTRI LILLYA MARDIANA.pdf

Download (835kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Mardiana, Putri Lillya. 2021. Peningkatan Potensi Peserta Didik Melalui Program Pembelajaran Vocational Skill Di Madrasah Aliyah Ma’arif Al-Azhar Carangrejo Sampung Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Wahid Hariyanto, M.Pd.I

Kata Kunci: Potensi, Pembelajaran, Vocational Skill.
Permasalahan besar yang sedang dihadapi bangsa Indonesia adalah kemiskinan dan pengangguran yang meningkat baik dari warga negara yang lulusan sekolah maupun tidak. Hal ini sangat berdampak pada perkembangan ekonomi negara. Dengan begitu salah satu tugas pendidikan adalah berupaya mengurangi atau meminimalisir problem tersebut dengan cara meningkatkan kualitas lulusannya sebagaimana MA Ma’arif Al-Azhar Carangrejo, dalam rangka meningkatkan kualitas lulusannya madrasah mengadakan program vocational skill sebagai upaya membekali peserta didik keterampilan yang bermanfaat.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses identifikasi potensi peserta didik di MA Ma’rif Al-Azhar Carangrejo, (2) mendeskripsikan tahap program pembelajaran vocational skill di MA Ma’rif Al-Azhar Carangrejo, (3) mendeskripsikan dampak program pembelajaran vocational skill di MA Ma’rif Al-Azhar Carangrejo.
Penelitian lapangan ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dalam proses pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan analisis data diperloleh melalui reduksi data, penyajian data dan kemudian penarikan kesimpulan yang sesuai dengan tujuan dari penelitian ini dilakukan.
Hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) identifikasi potensi peserta didik di MA Ma’rif Al-Azhar memanfaatkan data subjektif berupa nominasi dari diri sendiri dengan menggunakan instrumen angket dengan didampingi guru pendamping di awal tahun pembelajaran, (2) tahap program pembelajaran vocational skill di MA Ma’rif Al-Azhar dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu perencanaan berupa identifikasi keterampilan, identifikasi sumber daya pendukung seperti SDM, fasilitas, dana, penjaringan peserta program, penyusunan rancangan program, pembagian tugas kerja dan juga pengelompokan. Pelaksanaan berupa pelaksanaan pembelajran secara teori dan praktek. Evaluasi berupa evaluasi program dan juga evaluasi pencapaian peserta didik, (3) dampak dilaksanakannya program pembelajaran vocational skil di MA Ma’rif Al-Azhar antara lain berupa terdukungnya potensi peserta didik, peningkatan kualitas lulusan, mengurangi pengangguran, perluasan lapangan kerja, mendukung perekonomian, meningkatkan kemampuan kognitif, psikomotorik dan afektif peserta didik serta menjadi daya saing antar madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahid Hariyanto
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jan 2022 00:34
Last Modified: 11 Jan 2022 00:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17570

Actions (login required)

View Item View Item