Alfiani, Nia (2021) Penerapan Bahan Ajar Modul Berbasis Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Tarbiyatul Islam Kertosari Babadan Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
210617238_NIA ALFIANI_SKRIPSI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Alfiani, Nia. 2021. Penerapan Bahan Ajar Modul Berbasis Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Tarbiyatul Islam Kertosari Babadan Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Sofwan Hadi, M. Si.
Kata Kunci: Modul, Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar.
Virus covid-19 sangat berdampak bagi kehidupan manusia di dunia khususnya Indonesia, terutama dibidang pendidikan. Karena adanya wabah tersebut pemerintah mengeluarkan kebijakan bahwa kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online. Di SD Tarbiyatul Islam Kertosari Babadan Ponorogo pembelajaran juga dilakukan secara online. Pembelajaran online sangat berpengaruh terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa. karena dirasa masih kurang efektif SD Tarbiyatul Islam melakukan pembelajaran tatap muka sesuai kewenangan Pemda yaitu dengan dibuatkannya jadwal sekali dalam seminggu setiap kelasnya. Untuk itu peneliti menggunakan modul berbasis pembelajaran kontekstual yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya mata pelajaran Matematika kelas IV.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah penerapan bahan ajar modul berbasis pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan keaktifan siswa (2) untuk mengetahui apakah penerapan bahan ajar modul berbasis pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Yang terdiri dari dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan, (1) penerapan modul berbasis pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan keaktifan siswa. pada siklus I siswa dengan predikat baik mendapat presentase 67,68% sedangkan siklus II meningkat menjadi 92,68%. (2) penerapan modul berbasis pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika. pada siklus I mendapat presentase 64,29% sedangkan siklus II meningkat menjadi 94,42%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Sofwan Hadi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 15 Dec 2021 01:55 |
Last Modified: | 15 Dec 2021 01:55 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17373 |
Actions (login required)
View Item |