Efektivitas Program Ekstrakurikuler Menggunakan Pendekatan Evaluasi Terhadap Karakter Peserta Didik (Studi Empati Kognitif Dan Empati Afektif)

Wulansari, Lia (2021) Efektivitas Program Ekstrakurikuler Menggunakan Pendekatan Evaluasi Terhadap Karakter Peserta Didik (Studi Empati Kognitif Dan Empati Afektif). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Lia Wulansari_210290020_MPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Persentase kenakalan anak di bawah umur dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang signifikan, melalui program ekstrakurikuler diharapkan dapat menanamkan karakter empati yang baik, dan diharapkan akan mengurangi terjadinya perilaku negatif bagi peserta didik terhadap orang-orang di sekitarnya. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi antara kualitatif dan kuantitatif (mixed method) dengan pendekatan evaluasi model CIPP. Hasilnya 1) Berdasarkan kriteria yang ditetapkan sebelumnya dari segi context dinyatakan efektif. Dari segi input dinyatakan efektif. Dari segi prosess dinyatakan efektif. Dan dari segi product dari perhitungan yang telah dilakukan di madrasah ini, melalui angket yang diberikan kepada koresponden ialah 58,49. jumlah tersebut masuk ke dalam interval yang sangat efektif. 2) evaluasi program dengan menggunakan model CIPP yaitu context, input, process dan product. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa semua komponen dalam penelitian ini dinyatakan efektif. 3) Berdasarkan hasil analisi uji thitung menunjukkan 5,150 Sedangkan ttable 1,975. Dan dapat ditarik kesimpulan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara peserta didik yang mengikuti program ekstrakurikuler dan peserta didik yang tidak mengikuti program ekstrakurikuler di MTsN 5 Ponorogo. 4) Berdasarkan hasil nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,572>0,148) dan nilai signifikasi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05. Hasil analisis korelasi product moment menunjukkan terdapat korelasi yang signifikan antara empati kognitif dan empati afektif karakter peserta didik di MTsN 5 Ponorogo.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Dec 2021 03:34
Last Modified: 08 Dec 2021 03:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17287

Actions (login required)

View Item View Item