Pengenalan Huruf Hijaiyah Metode Iqro' Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Taman Kanak-Kanak Muslimat NU 023 Brotonegaran 1 Ponorogo

Melati, Mawar (2021) Pengenalan Huruf Hijaiyah Metode Iqro' Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Taman Kanak-Kanak Muslimat NU 023 Brotonegaran 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
1. SKRIPSI 211116026 MAWAR MELATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak

Melati, Mawar. 2021. Pengenalan Huruf Hijaiyah Metode Iqro’ Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Taman Kanak-Kanak Muslimat NU 023 Brotonegaran 1 Ponorogo Skripsi Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Ilm Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Dr. Evi Muafiah, M.ag.
Kata kunci: Huruf Hijaiyah, Metode Iqro’, dan Masa Pandemi Covid-19
Peran guru sangat penting dalam mendidik anak-anak dalam situasi apapun selama proses belajar mengajar. Peran guru dalam pendidikan yaitu sebagai fasilitator, pembimbing, penyedia lingkungan, komunikator, teladan. Peran guru tersebut juga sangat diperlukan dalam pembelajaran Al-Qur’an, yaitu pengenalan huruf hijaiyah bagi anak usia 5-6 tahun di tingkat TK yang salah satunya dilakukan dengan menggunakan metode Iqro’. Hal ini karena metode Iqro’ adalah metode yang dianggap sesuai untuk anak usia tersebut, terutama bagi para guru di TK Muslimat NU 023 Brotonegaran 1 Ponorogo.
Penelitian ini mendiskripsikan (1) pelaksanaan pengenalan huruf hijaiyah metode Iqro’ pada masa pandemi covid-19 di TK Muslimat NU 023 Brotonegaran 1 Ponorogo (2) peran guru dalam mengenalkan huruf hijaiyah metode Iqro’ pada masa pandemi covid-19 di TK Muslimat NU 023 Brotonegaran 1 Ponorogo, serta (3) tingkat pencapaian anak usia 5-6 tahun dalam mengenal huruf hijaiyah menggunakan metode Iqra’ pada masa pandemi covid-19 di TK Muslimat NU 023 Brotonegaran 1 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, penggumpulan data pada teknik ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) pelaksanaan pengenalan huruf hiajiyah metode Iqro’ pada masa pandemi covid-19 di TK Muslimat NU 023 Brotonegaran 1 Ponorogo dilaksanakan secara online, home visit jika memungkinkan wilayahnya, dan tatap muka di sekolah. Materi yang diajarkan yaitu panjang pendek, fathah, tanwin. (2) peran guru dalam mengenalkan huruf hijaiyah metode Iqro’ pada masa pandemi covid-19 TK Muslimat NU 023 Brotonegaran 1 Ponorogo adalah sebagai fasilitator, pembimbing, penyedia lingkungan belajar, komunikator, serta teladan. Guru selalu berusaha untuk dapat mengenalkan huruf hijaiyah dengan melalui metode Iqro’ dengan semaksimal mungkin. (3) sedangkan tingkat pencapaian anak usia 5-6 tahun dalam mengenal huruf hijaiyah menggunakan metode Iqra’ pada masa pandemi covid-19 di TK Muslimat NU 023 Brotonegaran 1 Ponorogo cukup baik, karena sebelumnya memang anak sudah belajar huruf hijaiyah di Playgroup dan di kelas TK A. Untuk pelafalan makhorijul huruf masih kurang serta melafalkan panjang pendek anak masih kurang. Perbedaan anak setelah mengikuti pengenalan huruf hijaiyah metode Iqro’ di TK Muslimat NU 023 Brotonegaran 1 Ponorogo, pada awalnya anak melafalkan Alif dengan angka 1, Setelah dibimbing mengenal huruf hijaiyah melalui penerapan metode Iqro’ anak dapat mengetahui perbedaan huruf hijaiyah dengan angka. Anak-anak dapat belajar panjang pendek yang sebelumnya belum bisa, sedikit-sedikit mulai faham panjang pendek.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Evi Muafiah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Nov 2021 02:26
Last Modified: 26 Nov 2021 02:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17043

Actions (login required)

View Item View Item