tinjauan hukum islam terhadap akad jual beli rumput laut di desa kalala kecamatan waijelu kabupaten sumba timur

Rahmanto, Moch. Alif (2021) tinjauan hukum islam terhadap akad jual beli rumput laut di desa kalala kecamatan waijelu kabupaten sumba timur. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MOCH. ALIF RAHMANTO.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rahmanto, Moch. Alif, 2021. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Akad Jual Beli Rumput Laut Di Desa Kalala Kecamatan Waijelu Kabupaten Sumba Timur. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Ahmad Junaidi, M.H.I.
Kata kunci: Hukum Islam, Jual beli, Rumput Laut
Jual beli merupakan perjanjian tukar menukar benda atau barang yang memiliki nilai serta dilakukan secara sukarela antara penjual dan pembeli, pembeli menerima benda dan penjual menerima imbalan sesuai kesepakatan. Jual beli yang dilakukan di Desa Kalala oleh pihak pembeli dan pengusaha dengan melakukan pembayaran secara penuh diawal akad dan barangnya diberikan dikemudian hari sesuai dengan kesepekatan yang dibuat, ketika pemberian barang ada ketidaksesuian barang yang diberikan dan waktu yang telah ditentukan tidak sesuai dengan kesepakatan diawal. Hal tersebut membuat pihak pengusaha mengalami pengurangan laba yang didapat. Selain itu penjualan rumput laut seringkali mencampur antara rumput laut yang memiliki kualitas baik dengan rumput laut yang memiliki kualitas kurang baik dan tanpa memberitahu pembeli mengenai kecacatan objek tersebut padahal kualitas rumput laut akan mempengaruhi harga belinya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik akad jual beli rumput laut di Desa Kalala Kecamatan Waijelu Kabupaten Sumba Timur?. 2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap kualitas produk pada praktik jual beli rumput laut di Desa Kalala Kecamatan Waijelu Kabupaten Sumba Timur?
Jenis penelitian yang dilakukan penulis yaitu penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kualiatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis induktif yaitu proses berfikir yang berangkat dari fakta-fakta pengamatan menuju pada teori.
Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: 1) Akad yang digunakan dalam jual beli rumput laut di Desa Kalala termasuk dalam akad Salam yang pembayaran dilakukan di awal akad dan barang diberikan dikemudian hari sesuai kesepakatan, walaupun ada ketidaksesuian barang dan keterlambatan waktu pada saat barang diberikan tetapi tidak adanya unsur kesengajaan sehingga jual beli yang dilakukan sah menurut hukum Islam. 2) Kualitas objek yang dicampur penjual dapat diterima menurut hukum Islam karena telah diketahui pembeli dan pembeli ridho dengan kecacatan objek jual beli tersebut. walaupun ada sedikit penyimpangan tetapi jual beli yang dilakukan masih sah menurut hukum Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: AHMAD JUNAIDI
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 06:54
Last Modified: 25 Nov 2021 06:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17013

Actions (login required)

View Item View Item