Tinjauan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Jual Beli Buah Dengan Sistem Karungan (Studi Kasus di Pasar Pulung Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo)

Vidiantika, Penti (2021) Tinjauan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Jual Beli Buah Dengan Sistem Karungan (Studi Kasus di Pasar Pulung Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210217094_PENTI VIDIANTIKA_HUKUM EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Vidiantika, Penti 2021. Tinjauan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Jual Beli Buah Dengan Sistem Karungan (Studi Kasus di Pasar Pulung Kecamatan Pulung kabupaten Ponorogo). Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Lia Noviana, M.H.I.
Kata kunci/keyword: Jual Beli, Karungan, KHES
Terdapat berbagai macam kegiatan jual beli di pasar Pulung, mulai dari menyediakan kebutuhan pokok dan sekunder. Namun yang menarik untuk penulis teliti yakni mengenai jual beli buah-buahan dengan sistem karungan. Pihak penjual menjual buah kepada pedagang di pasar dengan sistem karungan, mereka melakukan jual beli semacam itu karena dirasa cukup praktis. Namun terdapat beberapa hal yang menimbulkan kerugian dan menguntungkan salah satu pihak saja. Di mana pihak pengepul tidak memberikan penjelasan mengenai kualitas objek dengan jelas, juga tidak menunjukkan secara jelas mengenai berat barang, sering sekali terdapat ketidaksesuaian.
Berdasarkan hal tersebut penulis ingin meneliti lebih lanjut dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana tinjauan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah terhadap kualitas objek dalam jual beli buah dengan sistem karungan di Pasar Pulung Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo, (2) Bagaimana tinjauan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah terhadap pelaksanaan ganti rugi dalam jual beli buah dengan sistem karungan di Pasar Pulung Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo,
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah metode induktif yaitu metode yang menekankan pada pengamatan dahulu, lalu menarik kesimpulan berdasarkan pengamatan tersebut.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kualitas objek dalam jual beli buah dengan sistem karungan di pasar Pulung Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo sudah sesuai dengan KHES, karena sudah terpenuhi Pasal 76 KHES mengenai syarat obyek yang diperjualbelikan. Dan untuk pelaksanaan ganti rugi dalam jual beli buah dengan sistem karungan di pasar Pulung Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo sudah dengan Pasal 77 KHES, karena pengepul sudah bertanggungjawab dan memberikan ganti rugi atas kecacatan obyek

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lia Noviana
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 02:20
Last Modified: 25 Nov 2021 02:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16892

Actions (login required)

View Item View Item