penerapan strategi pemasaran islami pada pawon of rock resto madiun

Apriadi, Apriadi (2021) penerapan strategi pemasaran islami pada pawon of rock resto madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI APRIADI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Apriadi. Penerapan Strategi Pemasaran Islami Pada Pawon Of Rock Resto Madiun. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah (ES) Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Ridho Rokamah S.Ag., MSI
Kata Kunci: Strategi Pemasaran Islami, Resto Pawon Of Rock.
Obyek fenomena maraknya bisnis kuliner masyarakat semakin banyak dibuka di berbagai tempat baik dikota besar maupun dikota kecil, termasuk dikota Madiun. Kehadiran restoran sebagai salah satu bentuk bisnis kulier merupakan tuntutan perubahan gaya hidup masyarakat kota. Kondisi semacam ini mencerminkan konsumen semakin kritis dalam memilih tempat menikmati kuliner yang dibutuhkan tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan pangan saja, namun juga sebagai sarana menggambarkan tingkat gaya hidup seseorang. Tingkat persaingan dalam dunia bisnis menuntut setiap pemasar untuk mampu melaksanakan kegiatan pemasarannya dengan lebih efektif dan efisien.
Tujuan dalam pelaksanaan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pemesaran secara Islami yang dijalankan pada Resto Pawon Of Rock Madiun dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa Pawon Of Rock Resto menerapkan strategi bauran pemasaran yang terdiri dari produk, promosi, harga, tempat atau distribusi. Selain menerapkan strategi bauran pemasaran Pawon Of Rock Resto juga melakukan perbaikan pelayanan kepada konsumen. Dalam perspektif Islami, strategi pemasaran yang dijalankan pada Pawon Of Rock Resto telah memenuhi aspek: Strategi penyajian produk di Pawon Of Rock Resto memiliki kesesuaian dengan nilai pemasaran syariah yaitu amanah yang berarti dapat dipercaya, bertanggung jawab, transparan, dan tepat waktu; Mengedepankan kejujuran disetiap informasi yang disampaikan kepada konsumen sehingga sesuai dengan nilai pemasar syariah siddiq (benar); Strategi harga yang ditetapkan Pawon Of Rock Resto sudah sesuai dengan nilai pemasar syariah fathonah sehingga harga yang ditawarkan terjangkau untuk konsumen; Memerhatikan nilai pemasaran syariah amanah yang berarti memiliki tanggung jawab dalam setiap pekerjaan; Mengedepankan unsur humanistis dalam karakteristi pemasaran syariah yang artinya saling hormat menghormati antar sesama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: RIDHO ROKAMAH
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Nov 2021 03:07
Last Modified: 18 Nov 2021 03:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16441

Actions (login required)

View Item View Item