..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pernikahan Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Kelurahan Tawanganom Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan)

Yuliana, Anisa Widya (2021) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pernikahan Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Kelurahan Tawanganom Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ETHESES-ANISA WIDYA Y-210117150-HKI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSRAK

Anisa, Widya Yuliana 2021. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pernikahan Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Kelurahan Tawanganom Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan. SKRIPSI Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. H. MOH. MUNIR, Lc, M.Ag.

Kata kunci/keyword: Perayaan Pernikahan, covid 19, Fatwa Majelis Ulama Indonesia, Mas}lah}ah
Perayaan pernikahan (wali>mah al-‘ursy) merupakan suatu yang sangat dianjurkan dalam sebuah pernikahan. Selain untuk mengamalkan ajaran agama, perayaan pernikahan ini juga bertujuan untuk menghindarkan fitnah di kalangan masyarakat luas. Akan tetapi dalam pelaksaannya, harus sesuai dengan apa yang telah disyari’atkan oleh agama. Pelaksanaa wali>mah di Kelurahan Tawanganom Kecamatan Magetan ada yang belum sesuai dengan protokol kesehatan, seperti tidak menyediakan hand sanizer dan pengecekan suhu tubuh.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana tinjauan hokum islam terhadap perayakaan pesta nikah di masa pandemi covid-19 di Kelurahan Tawanganom Kecamatan Magetan? (2) Bagaimana urgensi penyelenggaraan pesta nikah menurut mas}lah}ah di Kelurahan Tawanganom Kecamatan Magetan?
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) di Kelurahan Tawnagnom Kecamatan Magetan. Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis yaitu penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan observasi dan wawancara kemudian dilakukan penarikan kesimpulan.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) menurut Fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 pelaksanaan perayaan pernikahan (wali>mah al-‘ursy) di Kelurahan Tawanganom sebagian belum sesuai dengan ketentuan Fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 dalam ketentuan hukum nomor 1 dan ketentuan hukum nomor 3 huruf a dan b. (2) Penyelenggaraan perayaan pernikahan di Kelurahan Tawanganom Kecamatan Magetan menurut Mas}lah}ah tidak urgen, apabila dilihat dari kategorisasi mas}lah}ah tersebut merayakan pesta pernikahan saat pandemi masuk kedalam tah}siniyyat karena apabila tidak merayakan pesta pernikahan konsekuensinya tidak akan menimbulkan kesulitan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Munir
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Nov 2021 06:19
Last Modified: 02 Nov 2021 06:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16295

Actions (login required)

View Item View Item