Analisis Manajemen Risiko Kredit Dalam Pemberian Pinjaman Dana Bergulir Pada Unit Pengelola Keuangan Badan Keswadayaan Masyarakat Ngudi Mulyo Kabupaten Ponorogo

Syam, Mochammad Syahrul Utomo (2021) Analisis Manajemen Risiko Kredit Dalam Pemberian Pinjaman Dana Bergulir Pada Unit Pengelola Keuangan Badan Keswadayaan Masyarakat Ngudi Mulyo Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717112_Mochammad Syahrul Utomo Syam_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Syam, Mochammad Syahrul Utomo. 2021. “Analisa Manajemen Risiko Kredit Dalam Pemberian Pinjaman Dana Bergulir Pada Unit Pengelolaan Keuangan Badan Keswadayaan Masyarakat Ngudi Mulyo Kabupaten Ponorogo” Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Dosen Pembimbing Ridho Rokamah, S.Ag.,MSI.

Kata Kunci : Manajemen Risiko Kredit, Pinjaman Dana Bergulir

UPK BKM Ngudi Mulyo merupakan lembaga keswadayaan masyarakat dalam bidang ekonomi melalui program pinjaman dana bergulir untuk pemberdayaan masyarakat dalam perkembangan usaha produktif. Namun dengan seiring berjalannya program terjadi permasalahan kredit macet akan tetapi proses manajemen risiko sudah diterapkan sesuai dengan prosedurnya. Dengan hal ini peneliti melakukan pengkajian manajemen risiko serta penanganan kredit bermasalah pada pinjaman dana bergulir.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana analisis manajemen risiko kredit terhadap pemberian pinjaman dana bergulir pada Unit Pengelola Keuangan Badan Keswadayaan Masyarakat Ngudi Mulyo Kabupeten Ponorogo? Bagaimana analisis dampak pemberian pinjaman dana bergulir pada Unit Pengelola Keuangan Badan Keswadayaan Masyarakat Ngudi Mulyo Kabupeten Ponorogo?. Di dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari hasil wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data menggunakan metode analisis domain yang analisis gambaran secara objek penelitian secara umum, namun relatif utuh tentang objek penelitian tersebut.
Hasil dari penelitian ini adalah penerapan manajemen risiko di UPK BKM Ngudi Mulyo dalam program pinjaman dana bergulir dalam melakukan analisa sudah menerapkan identifikasi risiko, pengukuran risiko, pemantauan risiko, dan pengendalian risikoa akan tetapi salah satu penerapan manajemen yang kurang baik dalam mengelola risiko kredit. Sedangkan penerapan manajemen risiko kredit pada program pinjaman dana bergulir adanya dampak yang terjadi kredit macet pada pinjaman dana bergulir dengan permasalahan nunggakan pembayaran dan permasalahan penunggakan karena adanya musibah yang dialaminya, selain itu dampak yang baik untuk masyarakat dalam membantu mengembangkan usahanya, risiko kredit penunggakan dalam pemenuhan kewajiban upaya yang dilakukan UPK BKM Ngudi Mulyo dengan metode rescheduling dan reconditioning serta strategi dalam mengatasi risiko-risiko dengan pendekatan secara langsung dan penagihan secara intensif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ridho Rokamah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Sep 2021 04:09
Last Modified: 29 Sep 2021 04:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15975

Actions (login required)

View Item View Item