efektivitas peran perwakilan bwi kabupaten ponorogo dalam peningkatan kapasitas nadhir walaf tanah

Susanto, Heru (2021) efektivitas peran perwakilan bwi kabupaten ponorogo dalam peningkatan kapasitas nadhir walaf tanah. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
HERU SUSANTO NEW.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Wakaf merupakan salah satu fenomena keberagamaan yang mendapatkan banyak perhatian pembahasan. Hal ini terutama karena banyaknya nilai dan aspek yang terkandung dalam pelaksanaan wakaf. Di dalam wakaf terkandung nilai ibadah, sosial, ekonomi, pendidikan dan kebudayaan dan juga hokum.
Penelitian tentang Efektivitas peran BWI Ponorogo dalam peningkatan kapasitas na>dhir wakaf tanah ini adalah merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan empirik untuk melihat sejauh mana faktor-faktor hukum yang ada yaitu: regulasi, sarana prasarana, kualifikasi pengurus dan budaya masyarakat memberi pengaruh terhadap peran BWI Ponorogo dalam meningkatkan kapasitas na>dhir wakaf tanah.
Sehingga untuk mengatasi problem tersebut, upaya dan terobosan yang dilakukan oleh BWI Ponorogo dalam meningkatkan kapasitas na>dhir wakaf tanah adalah: program sosialisasi regulasi, pendampingan wakaf, membentuk jaringan pegiat wakaf, program na>dhir ormas, kerjasama dengan BPN, penyelenggara syariah, Baznas dan juga organisasi kepemudaan yang ada.
Langkah dan upaya yang dilakukan BWI Ponorogo ini terbukti efektif untuk membantu menyelesaikan problem dan pengaruh yang ada sehingga proses peningkatan kapasitas na>dhir wakaf tetap bisa dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Miftahul Huda
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jul 2021 03:24
Last Modified: 15 Jul 2021 03:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15918

Actions (login required)

View Item View Item