efektifitas peraturan perundang-undangan perkawinan (studi terhadap realitas pernikahan anak di kua kecamatan kendal kabupaten ngawi)

nasir, hamam (2021) efektifitas peraturan perundang-undangan perkawinan (studi terhadap realitas pernikahan anak di kua kecamatan kendal kabupaten ngawi). Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
UPLOAD TESIS HAMAM NASIR.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAKSI
Keluarga yang Sakinah, Mawadah, Warahmah merupakan tujuan setiap orang dalam berkeluarga, untuk mewujudkannya bukan hal yang mudah, ada aturan-aturan yang harus dilaksanakan
Setiap anak berhak mendapatkan haknya agar tetap bisa hidup, berkembang serta bisa berpartisipasi secara maksimal sesuai dengan harkat, martabat, dan yang lebih penting haruslah selalu mendapatkan perlindungan secara maksimal, Melihat fenomena banyaknya peristiwa pernikahan anak yang terjadi di wilayah Kantor Urusan Agama Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi, peneliti tertarik untuk mengetahui seberapa efektif peraturan perundang-undangan Pernikahan.
Penelitian yang digunakan kualitatif dan jenis penelitian case study. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan sekunder yang dilakukan dengan teknik pengamatan, wawancara dan dokumentasi.Untuk selanjutnya dianalisasa dengan deskripsi kualitatif.
Kendatipun KUA sebagai ujung tombak Kementerian Agama telah melakukan fungsinya terhadap masyarakat,tetapi peraturan perundang-undangan belum berjalan efektif di wilayah KUA Kecamatan Kendal, faktornya antara lain sosialisasi masih kurang maksimal, pemahaman masyarakat bahwa seharusnya undang-undang harus sejalan dengan aturan agama, sosial budaya masyarakat wilayah kecamatan Kendal, serta tidak adanya tindakan tegas terhadap pelanggar peraturan juga menjadi sebab lain tidak efektifnya peraturan perundang-undangan Perkawinan.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: abid rohmanu
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jun 2021 07:11
Last Modified: 11 Jun 2021 07:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15692

Actions (login required)

View Item View Item