Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pemenuhan Nafkah Suami Penyandang Disabilitas Di Desa Mangkujayan Dan Desa Nologaten Kabupaten Ponorogo

Kurnia, Ari Cahya (2021) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pemenuhan Nafkah Suami Penyandang Disabilitas Di Desa Mangkujayan Dan Desa Nologaten Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210115093_ARI CAHYA KURNIA_HUKUM KELUARGA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Kurnia, Ari Cahya. 2021. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pemenuhan Nafkah Suami Penyandang Disabilitas Di Desa Mangkujayan Dan Desa Nologaten Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut AgamaIslam Negeri(IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Lia Noviana, S.H.I, M.H.I.

Kata Kunci: Hukum Islam, Pemenuhan Nafkah, Penyandang Disabilitas

Islam telah membebankan kewajiban nafkah terletak pada suami, kebutuhan keluarga menjadi tanggung jawab suami sebagai pemimpin dalam rumah tangga. Dari penelitian yang dilakukan penulis, penulis mendapatkan data tentang disabilitas di kedua desa yaitu Desa Mangkujayan Dan Desa Nologaten Kabupaten Ponorogo, pada tahun 2020 di Desa Mangkujayan ada sekitar 7 orang penyandang disabilitas dan 11 orang penyandang disabilitas di Desa Nologaten, sedangkan dari data yang diperoleh oleh penulis dari badan statistik Ponorogo (BPS) ada sekitar 429 orang penyandang disabilitas 3 Tahun terahir di Ponorogo, terdiri dari tuna netra, tuna rungu wicara, tuna diaksa, dan tuna grahita.
Masalah yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran istri terhadap suami penyandang disabilitas dalam pemenuhan nafkah di Desa Mangkujayan dan Desa Nologaten Kabupaten Ponorogo di Tinjau Dari Hukum Islam? Bagaimana upaya suami penyandang disabilitas dalam pemenuhan nafkah di Desa Mangkujayan dan Desa Nologaten Kabupaten Ponorogo di Tinjau Dari Hukum Islam?
Menurut jenisnya penelitian ini termasuk penelitian lapangan (fieldresearch) sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi, analisa yang digunakan adalah metode induktif dengan tahapan reduksi, display data dan penarikan kesimpulan.
Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa peran istri terhadap suami penyandang disabilitas dalam pemenuhan nafkah dan juga upaya suami penyandang disabilitas dalam pemenuhan nafkah keluarga di Desa Mangkujayan Dan Desa Nologaten Kabupaten Ponorogo Ponorogo sudah sesuai dengan Hukum Islam, istri dari penyandang disabilitas dari kedua Desa tersebut berperan aktif membantu suami mereka untuk memenuhi kebutuhan keluarganya, sedangkan upaya suami penyandang disabilitas dalam pemenuhan nafkah keluarga dari kedua Desa tersebut sudah sesuai dengan Hukum Islam karna suami penyandang disabilitas dari kedua Desa tersebut sudah memenuhi kewajiban nafkah terhadap istrinya dalam bentuk materil maupun non materil, saling berkerja sama antara suami dan istri untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lia Noviana
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 02:22
Last Modified: 04 Jun 2021 02:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15115

Actions (login required)

View Item View Item