UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MENGHAFAL AL-QUR’AN DENGAN METODE RITME OTAK DI RUMAH TAHFIDZ ASSAUBARI PONOROGO

Hidayatusahiro, Fatkul (2021) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MENGHAFAL AL-QUR’AN DENGAN METODE RITME OTAK DI RUMAH TAHFIDZ ASSAUBARI PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317111_FATKUL HIDAYATUSAHIRO_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hidayatusahiro, Fatkul. 2021, Upaya Guru dalam Meningkatkan Kualitas Menghafal Al-Qur’an dengan Metode Ritme Otak di Rumah Tahfidz Assaubari Ponorogo. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Sarifuddin Al Baqi, M.A
Kata Kunci : Guru, Menghafal Al-Qur’an, Metode Ritme Otak
Menghafal Al-Qur’an bagi banyak orang adalah hal yang sulit karena banyak orang yang tidak tahu metodenya. Maka dari itu, untuk mempermudah cara cepat menghafal Al-Qur’an dan mengurangi ketidakmampuan para penghafal dalam menghafal Al-Qur’an, lembaga pendidikan masyarakat ingin membantu kepada seorang penghafal Al-Qur’an dalam melakukan kegiatan menghafal Al-Qur’an dengan memberikan solusi menggunakan Metode Ritme Otak agar lebih mudah, cepat, sistematis dan praktis. Guru memiliki peran penting dalam melaksanakan pendidikan. Urgensi penelitian yang dilakukan terhadap PAI adalah sebagai jembatan bahwa seorang guru mampu dan siap berperan dalam menjalankan peranannya, bahwa membaca atau menghafal Al-Qur’an merupakan ibadah yang paling agung, modal utama dalam mempelajari agama dan berdakwah, ikut serta dalam menjaga kemurnian Al-Qur’an, tadabbur dan tafakkur atas kebesahan Allah SWT.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui pelaksanaan Metode Ritme Otak di Rumah Tahfidz Assaubari Ponorogo, (2) untuk mengetahui apa saja faktor penghambat di Rumah Tahfidz Assaubari Ponorogo, (3) untuk mengetahui efektivitas Metode Ritme Otak di Rumah Tahfidz Assaubari Ponorogo
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang berlandaskan studi kasus, yang dimana di dalamnya peneliti menyelidiki secara cermat suatu program, peristiwa aktivitas, proses atau sekelompok bindividu. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Ssedangkan teknik analis datanya adalah deduksi, induksi dan interpretasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan Metode Ritme Otak sebagai Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Menghafal Al-Qur’an di Rumah Tahfidz Assaubari Ponorogo dilakukan dengan tahapan pendaftaran, tahap test, tahap penempatan dan tahap pembelajaran. (2) Hambatan Metode Ritme Otak sebagai Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Menghafal Al-Qur’an di Rumah Tahfidz Assaubari Ponorogo dibagi menjadi 2 faktor yakni faktor internal dan faktor eksternal, (3) Efektivitas Metode Ritme Otak sebagai Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Menghafal Al-Qur’an di Rumah Tahfidz Assaubari Ponorogo sangat efektif apabila digunakan dalam tahap pengenalan dan tidak efektif apabila digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sarifuddin Al Baqi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 05:09
Last Modified: 03 Jun 2021 05:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14998

Actions (login required)

View Item View Item