Pengaruh Perhatian Orangtua dan Komunikasi Keluarga terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IVA MI Mamba’ul Huda Ngabar Siman Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021

Fifiani, Rida (2021) Pengaruh Perhatian Orangtua dan Komunikasi Keluarga terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IVA MI Mamba’ul Huda Ngabar Siman Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210617180_RIDA FIFIANI_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Fifiani, Rida. 2021. Pengaruh Perhatian Orangtua dan Komunikasi Keluarga terhadap MinatBelajar Siswa Kelas IVA MI Mamba’ul Huda Ngabar Siman Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FakultasTarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Ulum Fatmahanik, M.Pd.
Kata Kunci : Perhatian Orangtua, Komunikasi Keluarga, Minat Belajar Siswa
Minat belajar merupakan unsur utama dalam keberhasilan belajar. Akan tetapi kondisi di lapangan masih dijumpai siswa yang memiliki minat belajar rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa yaitu keluarga. Peran orangtua sangat penting untuk mempengaruhi minat belajar siswa seperti perhatian orangtua dan komunikasi keluarga. Karena minat belajar siswa yang rendah disebabkan oleh kurangnya arahan dan bimbingan dari orangtua.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui, (1) pengaruh perhatian orangtua terhadap minat belajar siswa kelas IVA MI Mamba’ul Huda Ngabar Siman Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021, (2) pengaruh komunikasi keluarga terhadap minat belajar siswa kelas IVA MI Mamba’ul Huda Ngabar Siman Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021, (3) pengaruh perhatian orangtua dan komunikasi keluarga terhadap minat belajar siswa kelas IVA MI Mamba’ul Huda Ngabar Siman Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021.
Pendekatan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian Ex-Post Facto. Penelitian ini menggunakan 20 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus uji regresi linier sederhana dan uji regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan, (1) terdapat pengaruh antara perhatian orangtua terhadap minat belajar siswa diperoleh nilai Fhitung (6,176) > Ftabel (4,41), nilai (R) sebesar 0,505 yang berarti mempunyai tingkat korelasi sedang, dan kontribusinya sebesar 25,5% sedangkan 74,5% dipengaruhi faktor lain, (2) terdapat pengaruh antara komunikasi keluarga terhadap minat belajar siswa diperoleh nilai Fhitung (10,557) > Ftabel (4,41), nilai (R) sebsar 0,608 yang berarti mempunyai tingkat korelasi kuat, dan kontribusinya sebesar 37,0% sedangkan 63,0% dipengaruhi faktor lain, (3) terdapat pengaruh antara perhatian orangtua dan komunikasi keluarga terhadap minat belajar siswa diperoleh nilai Fhitung (6,097) > Ftabel (3,59), nilai (R) sebesar 0,646 yang berarti mempunyai tingkat korelasi kuat, dan kontribusinya sebesar 41,8% sedangkan 58,2% dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ulum Fatmahanik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 03:46
Last Modified: 03 Jun 2021 03:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14940

Actions (login required)

View Item View Item