Manajemen Budaya Organisasi dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Pendidikan (Studi Kasus di SMK Negeri 2 Ponorogo)

Baliyah, Ferra Maswiatul (2021) Manajemen Budaya Organisasi dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Pendidikan (Studi Kasus di SMK Negeri 2 Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 211217038 FERRA MASWIATUL BALIYAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Baliyah, Ferra Maswiatul. 2021. Manajemen Budaya Organisasi dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Pendidikan (Studi Kasus di SMK Negeri 2 Ponorogo). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Fata Asyrofi Yahya, M.Pd.I.
Kata Kunci: Manajemen, Budaya Organisasi, Pelayanan Administrasi Pendidikan
Dalam era persaingan bisnis, pelayanan administrasi menjadi isu yang perlu mendapatkan perhatian dari seluruh sekolah-sekolah. Sebab dalam suatu sekolah sistem administrasi dan pelayanan merupakan unsur yang bersentuhan langsung dengan peserta didik, sehingga yang terpikir pertama kali adalah pelayanan administrasi. Oleh karena itu dalam era persaingan pendidikan saat ini pelayanan administrasi menjadi penentu peraih consume (peserta didik). Maka apabila pelayanan administrasi tidak memperhatikan dimensi kualitas pelayanan, peserta didik tidak akan merasa puas atas pelayanan administrasi yang diberikan. Suatu hal yang diharapkan masyarakat adalah organisasi pendidikan memberikan layanan memuaskan, dan anak didik memperoleh pendidikan yang berkualitas. Sehingga Persoalan bagi setiap organisasi adalah bagaimana manajemen budaya yang seharusnya dilakukan, sehingga budaya menjadi efektif untuk mencapai tujuan organisasi.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan perencanaan budaya organisasi dalam meningkatkan pelayanan administrasi pendidikan di SMK Negeri 2 Ponorogo, (2) memaparkan pelaksanaan budaya organisasi dalam meningkatkan pelayanan administrasi pendidikan di SMK Negeri 2 Ponorogo, (3) mendeskripsikan evaluasi budaya organisasi dalam meningkatkan pelayanan administrasi pendidikan di SMK Negeri 2 Ponorogo.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk analisis data, penulis menggunakan Data Reduction (reduksi data), data Display (penyajian data), dan Data Conclusion Drawing/verification (penarikan kesimpulan). Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode.
Berdasarkan hasil dari penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Perencanaan budaya organisasi dalam meningkatkan pelayanan administrasi pendidikan di SMK Negeri 2 Ponorogo mengacu pada program pengembangan sekolah. Adapun kegiatan ini melalui beberapa tahap: Tahapan pertama, yaitu tahap penetapan tujuan, dimulai dari merumuskan kondisi sekolah dan tujuan dari pembentukan sekolah sesuai dengan visi dan misi sekolah. Tahapan kedua, yaitu tahap menentukan budget (anggaran). Tahapan ketiga yaitu, tahap policy (kebijakan). Tahapan keempat yaitu tahap prosedur perencanaan. Tahapan kelima yaitu, tahap program suatu organisasi, untuk melihat sejauhmana program organisasi terlaksana melalui susunan rencana kegiatan organisasi. (2) Pelaksanaan budaya organisasi dalam meningkatkan pelayanan administrasi pendidikan di SMK Negeri 2 Ponorogo sudah melaksanakan beberapa kegiatan untuk menunjang program kerja yang sesuai dengan harapan sekolah. Pertama, kegiatan pembinaan dari kepala sekolah terhadap semua warga sekolah. Kedua, menerapkan nilai-nilai budaya organisasi di sekolah dengan memberikan sosialisasi dan pemahaman secara terus menerus yang tertuang dalam visi-misi dan tujuan pendidikan di SMK Negeri 2 Ponorogo. Ketiga, pelaksanaan budaya mutu sekolah yang sudah disepakati oleh seluruh warga sekolah. Keempat, melalui kegiatan pembiasaan yaitu, dengan menerapkan budaya 5S atau juga dengan menerapkan budaya 7S. Kelima, pelaksanaan audit SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal). (3) Evaluasi budaya organisasi dalam meningkatkan pelayanan administrasi pendidikan di SMK Negeri 2 Ponorogo ada beberapa tahapan yang harus dilaksanakan yaitu, Tahap pertama penentuan fokus yang akan dievaluasi. Tahap kedua, penyusunan desain evaluasi. Tahap ketiga, pengumpulan informasi. Tahap keempat, analisis dan interpretasi. Tahap kelima, yaitu pembuatan laporan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fata Asyrofi Yahya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 03:20
Last Modified: 03 Jun 2021 03:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14895

Actions (login required)

View Item View Item