EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK (PROJECT BASED LEARNING) PADA PELAJARAN IPS DIMASA PANDEMI (Studi Kasus Di Mts Ma’arif Al-Mukarrom)

Samsuri, Anton (2021) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK (PROJECT BASED LEARNING) PADA PELAJARAN IPS DIMASA PANDEMI (Studi Kasus Di Mts Ma’arif Al-Mukarrom). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
211416032 anton samsuri tadris Ilmu Pengetahuan Sosial.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Samsuri Anton, 2021, Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Projek (Project Based Learning Pada Pelajaran Ips Dimasa Pandemic (Studi Kasus Di Mts Ma’arif Al-Mukarrom). Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Social Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institute Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Moh. Widda Djuhan, S.Ag, M.Si.
Kata Kunci: Efektifitas, Model pembelajaran, Project Based learning, Ilmu Pengetahuan Sosial
Sejak ditetapkanya COVID 19 sebagai bencana nasional pada bulan Maret 2020 lalu, pemerintah Indonesia melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan pembatasan dilingkungan pendidikan, yang termaktub dalam SE Mendikbud No.04 tahun 2020 tentang penerapan pembelajaran jarak jauh. Implikasi dari kebijakan Kemendikbud, menjadikan guru mampu berupaya untuk melaksanakan pembelajaran yang efektive dan bermakna bagi siswa dirumah. Maka diperlukan model pembelajaran yang dapat mengintegrasikan peranan dari guru, siswa dan orangtua. Dari berbagai kebutuhan dan keterbatasan, pembelajaran yang tepat dalam masa pandemi Covid 19 ini adalah suatu pembelajaran yang melakukan kolaborasi, inovasi dan eksperimen.
Untuk menunjang segala keterbatasan dalam pelaksanaan pembelajaran MTs Ma’arif Al-Mukarrom menerapkan model pembelajaran Project Based Learning di lembaganya. Model ini diterapkan karena tepat dalam situasi saat ini, dengan karakteristik membuat siswa aktif dan mandiri dalam pembelajaran. Model pembelajaran berbasis proyek adalah model pembelajaran yang dapat digunakan untuk menerapkan pengetahuan yang sudah dimiliki, melatih berbagai keterampilan berpikir, sikap, dan keterampilan konkret, dengan harapan mampu melatih kemandirian, kolaborasi dan eksperimen didalam diri siswa atau peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bagaimana efektivitas proses pelaksanaan pembelajaran ips berbasis projek (project based learning), (2) mendeskripsikan bagaimana guru mengkolaborasikan peranan orang tua dalam mengefektifkan pelaksanaan model pembelajaran Project Based Learning pada pembelajaran jarak jauh.
Untuk menjawab pertanyaan diatas, penelitian ini dirancang dengan rancangan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Ma’arif Al-Mukarrom, dengan menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Penerapan pembelajaran berbasis projek (project based learning), di MTs Ma’arif Al-Mukarrom berdasar data temuan peneliti dapat disimpulkan bahwa pelaksanaanya efektif, ditandai dari beberapa kriteria yang terpenuhi, dalam proses perencanaan, perumusan tujuan, strategi pembelajaran, sarana prasarana, sistem pengawasan dan pengendalian. Selain itu ketika diperbandingkan dengan model Home visityang sebelumnya sudah diterapkan, model Project Based Learning lebih efektif dan efisien. Beberapa keunggulannya adalah menghemat waktu dan biaya.
Sistem pengawasan dan pengendalian, guru mengkolaborasikan peranan orang tua dan keluarga guna mendukung proses pembelajaran. Guru memperkuat peran orang tua sebagai guru bahkan juga teman belajar siswa dirumah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Widda Djuhan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 02:09
Last Modified: 03 Jun 2021 02:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14851

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item