Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Menurut Polya Pada Siswa Kelas V SDN 2 Plosorejo Randublatung Blora

Robiantoro, Wahab (2021) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Menurut Polya Pada Siswa Kelas V SDN 2 Plosorejo Randublatung Blora. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ethesis Wahab.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sangat mempengaruhi hasil belajar siswa. Beberapa siswa kesulitan dalam menyelesaikan masalah matematika dalam bentuk permasalahan. Sehingga hasil belajar matematika siswa belum memenuhi KKM. Upaya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika perlu dilakukan oleh guru guna memperbaiki hasil belajar siwa.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: 1) Bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis menurut Polya pada siswa kelas V SDN 2 Plosorejo Randublatung Blora? Dengan memetakan berdasarkan hasil belajar dengan kriteria tinggi, sedang, dan rendah.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus deskriptif data. Subjek penelitian terdiri atas tiga siswa kelas V yang dipilih berdasarkan kriteria hasil belajar. Teknik pengambilan data dengan melakukan tes, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dianalisis berdasarkan empat indikator kemampuan pemecahan masalah menurut Polya, lalu divalidasi dengan teknik triangulasi metode. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa: 1) Siswa dengan kriteria hasil belajar tinggi mampu memahami masalah dengan baik, mampu merencanakan pemecahan dengan baik walaupun agak kesulitan, mampu melaksanakan rencana pemecahan dengan baik dan benar, dan mampu memeriksa kembali jawaban dengan baik dan teliti. 2) Siswa dengan kriteria hasil belajar sedang mampu memahami masalah dengan cukup baik, mampu merencanakan pemecahan dengan cukup baik, mampu melaksanakan rencana pemecahan dengan cukup baik dan benar, dan mampu memeriksa kembali jawaban dengan cukup baik, namun masih membutuhkan bantuan dalam mengerjakan. 3) Siswa dengan hasil belajar rendah mampu memahami masalah dengan cukup baik namun masih kurang teliti, mampu merencanakan rencana pemecahan dengan cukup baik namun masih kurang tepat, dan mampu melaksanakan rencana pemecahan dengan cukup baik namun masih belum tepat, akan tetapi belum mampu memeriksa kembali jawaban serta belum mampu mengerjakan soal yang diberikan dengan benar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ulum Fatmahanik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 02:12
Last Modified: 03 Jun 2021 02:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14831

Actions (login required)

View Item View Item