Pandangan Tokoh Agama Kota Madiun tentang Pil Penunda Haid pada Jamaah Haji dan Umroh

Atoilah, Muhibur Rohman (2021) Pandangan Tokoh Agama Kota Madiun tentang Pil Penunda Haid pada Jamaah Haji dan Umroh. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210116038_MUHIBUR ROHMAN ATOILAH_HKI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rohman Atoilah, Muhibur, Pandangan Tokoh Agama Kota Madiun Tentang Penggunaan Pil Penunda Haid Pada Jamaah Haji dan Umrah Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syari’ah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Yudhi Achmad Bashori, M. H. I.
Kata Kunci : Pil Penunda Haid, Jamaah Haji dan Umrah
Skripsi ini berawal dari latar belakang adanya kegagalan dalam penggunaan pil penunda haid pada jamaah haji dan umrah.
Dari latar belakang tersebut, permasalahan yang perlu penulis bahas dalam skripsi ini yaitu, Bagaimana argumentasi tokoh agama Kota Madiun tentang penggunaan pil penunda haid pada jamaah haji dan umrah, serta apa dasar hukum tokoh agama Kota Madiun tentang penggunaan pil penunda haid pada jamaah haji dan umrah.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan jenis penelitian kualitatif. Data primer berupa hasil wawancara kepada tokoh agama kota Madiun. Data sekunder diperoleh dari dokumentasi, berupa catatan atau tulisan. Sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis dilakukan bersamaan dengan penyajian data berdasarkan pendekatan penelitian, dengan metode diskriptif-analitik.
Dari analilis penulis, penulis dapat menyimpulkan bahwa (1) Penggunaan pil penunda haid saat melaksanakan ibadah haji dan umrah adalah boleh. Untuk mengantisipasi kegagalan adalah dengan meminta petunjuk yang ahli. (2) Masing-masing narasumber menggunakan dasar hukum yang saling menguatkan. Penggunaan pil penunda haid tersebut sudah diberikan dasar hukum mulai dalil fakta dilapangan dengan hadits, kemudian dalil kaidah fiqih, dan yang terakhir kaidah dari ayat Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yudhi Achmad Bashori
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 06:45
Last Modified: 02 Jun 2021 06:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14704

Actions (login required)

View Item View Item