Pengaruh Peran Orang Tua dan Motivasi Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Purworejo 1 Padangan Bojonegoro Pada Mata Pelajaran IPA Masa Pandemi Covid-19 Tahun Ajaran 2020/2021

Wahida, Farhah (2021) Pengaruh Peran Orang Tua dan Motivasi Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Purworejo 1 Padangan Bojonegoro Pada Mata Pelajaran IPA Masa Pandemi Covid-19 Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210617004_FARHAH WAHIDA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Wahida, Farhah. 2021. Pengaruh Peran Orang Tua dan Motivasi Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Purworejo 1 Padangan Bojonegoro Pada Mata Pelajaran IPA Masa Pandemi Covid-19 Tahun ajaran 2020-2021, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Faklutas Terbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Sofwan Hadi, M.Si..
Kata kunci: Peran orang tua, Motivasi siswa, dan Hasil belajar

Hasil belajar siswa merupakan salah satu tujuan dari proses pembelajaran di sekolah. terdapat pengaruh dari faktor eksternal yaitu orang tua. Bentuk peran orang tua sebenarnya adalah bentuk peran guru di sekolah, apalagi saat masa pandemi Covid-19 ini yang pembelajaran dilaksanakan di rumah. Kemudian faktor internal yang tumbuh dari dalam individu sendiri yaitu motivasi siswa. Jika tidak ada motivasi dari siswa untuk belajar, maka selamanya siswa tidak akan tertarik untuk belajar dan tidak memperoleh kepuasan.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh secara signifikan peran orang tua terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA. 2) untuk mengetahui pengaruh secara signifikan motivasi siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. 3) untuk mengetahui pengaruh secara signifikan peran orang tua dan motivasi siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif metode expost facto. Sampel penelitian berjumlah 16 siswa. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan angket dan teknik tes. Adapun teknik analisis data menggunkana rumus Regresi Linier Sederhana dan berganda.
Hasil analisis data ditemukan: 1) ada pengaruh peran orang tua secara signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 0,000<0,05 dan konstribusi sebesar 77,8% , 2) ada pengaruh motivasi siswa secara signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 0,000<0,05 dan konstribusi sebesar 79,6%, 3) ada pengaruh peran orang tua dan motivasi siswa secara signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 0,000<0,05 dan konstribusi sebesar 89,8%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sofwan Hadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 03:47
Last Modified: 02 Jun 2021 03:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14565

Actions (login required)

View Item View Item