Kompetensi Profesional Guru dalam Pemanfaatan Sumber Belajar pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 1 Jenangan

Saputro, Yasir Rizqi (2021) Kompetensi Profesional Guru dalam Pemanfaatan Sumber Belajar pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 1 Jenangan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
DAFTAR E THESIS YASIR.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Saputro, Yasir Rizqi. 2021. Kompetensi Profesional Guru dalam Pemanfaatan Sumber Belajar pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 1 Jenangan. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Sugiyar, M.Pd.I.
Kata kunci: Kompetensi profesioanal, sumber belajar, pembelajaran PAI-BP
Pandemi Covid-19 berdampak pada keberlangsungan kehidupan di Indonesia, tak terlupa pada sektor pendidikan. Banyak sekolah-sekolah di Indonesia yang harus melaksanakan pembelajaran jarak jauh yaitu pembelajaran daring (online). Belajar dari rumah juga berdampak pada semangat serta motivasi siswa dalam belajar, mengingat perlunya pembiasaan dalam pembelajaran daring. Tentunya ini menjadi tantangan bagi seorang guru dalam merancang pembelajaran yang menarik. Dalam pembelajaran daring terdapat banyak sekali sumber belajar yang dapat dimanfaatkan untuk membantu proses pembelajaran daring. Guru yang profesional harus mampu memanfaatkan sumber belajar tersebut dengan maksimal sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai.
Penelitian ini berfokus pada kompetensi profesional guru dalam pemanfaatan sumber belajar yang ada pada pembelajaran PAI-BP. Tujuan dari penelitian ini yaitu, 1) untuk mengetahui bentuk inovasi guru dalam pemanfaatan sumber belajar, 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru PAI-BP dalam pemanfaatan sumber belajar, 3) untuk mengetahui implikasi pemanfaatan sumber belajar pada pembelajaran PAI-BP.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus yang bersifat analisis deskriptif. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah guru PAI-BP dan siswa SMPN 1 Jenangan. Pada teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif Miles, Huberman, dan Saldana, yang meliputi kondensasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa komptensi profesional guru yang dimiliki oleh guru PAI-BP SMPN 1 Jenangan dapat dikatakan sudah baik. Terlihat dari beberapa sumber belajar yang dimanfaatkan dan beberapa inovasi pendidikan seperti, 1) pengumpulan tugas ke sekolah untuk membentuk rasa tanggungjawab dan semangat siswa dalam pembelajaran daring, 2) kegiatan pembiasaan sebelum pembelajaran dimulai, untuk menanamkan kebiasaan yang baik pada siswa, 3) pengambilan nilai akhlak melalui siswa yang merespon cepat saat pembelajaran daring. Faktor pendukung pemanfaatan sumber belajar adalah kemampuan guru dalam memanfaatkan sumber belajar dan adanya subsidi paket data dari pemerintah. Kalau faktor penghambatnya adalah 1) susah sinyal, 2) siswa sering kehabisan paket data, 3) kurangnya minat serta kemauan siswa dalam pembelajaran daring. Implikasi pemanfaatan sumber belajar adalah siswa lebih mudah dalam memahami materi dan peserta didik lebih mudah dalam mengaplikasikan kegiatan pembiasaan di lingkungan masing-masing.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sugiyar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 03:44
Last Modified: 02 Jun 2021 03:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14554

Actions (login required)

View Item View Item