PERAN ORANG TUA SEBAGAI PENDIDIK KARISMATIK DI MASA PANDEMI COVID-19(STUDI KASUS PEMBELAJARAN DARING DI MI MUAWWANAH NGIJO, KENDAL, NGAWI)

Ayuningrum, Dwi Lestari (2021) PERAN ORANG TUA SEBAGAI PENDIDIK KARISMATIK DI MASA PANDEMI COVID-19(STUDI KASUS PEMBELAJARAN DARING DI MI MUAWWANAH NGIJO, KENDAL, NGAWI). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
DWI LESTARI AYUNINGRUM 210617005 (Perpus)-.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ayuningrum, Dwi Lestari. 2021. Peran Orang Tua sebagai Pendidik Karismatik di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pembelajaran Daring di MI Muawwanah Ngijo Kendal Ngawi) Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.
Pembimbing Ika Rusdiana, M. A.
Kata Kunci: Peran Orang tua, Pendidik Karismatik, Pembelajaran Daring

Penerapan pembelajaran daring mengakibatkan anak menggunakan media gadget secara leluasa dalam berbagai kegiatan. Penerapan pembelajaran daring juga berpengaruh pada minat belajar anak di rumah, sehingga peran orang tua sangatlah dibutuhkan dalam mendampingi perkembangan pendidikan anak serta mendampingi penggunaan media yang digunakannya. Pempelajaran daring mengharuskan orang tua mengambil alih peran guru di sekolah sekaligus menjadi orangtua bagi anak di lingkungan keluarga. Maka pendidik karismatik merupakan salah satu upaya dalam mendampingi anak selama penerapan pembelajaran daring. Dengan. Orang tua berupaya menempatkan dirinya untuk ikut terlibat secara langsung dalam memantau, membimbing, serta mengajari anak di rumah.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menjelaskan karakter positif orang tua sebagai salah satu karakteristik pendidik karismatik dalam membangun hubungan yang positif dengan anak dalam pembelajaran daring, 2) menjelaskan peran orang tua dalam menerapkan metode pengajaran di rumah kepada anak pada pembelajaran daring, dan 3) menggambarkan upaya orang tua sebagai pendidik karismatik untuk memaksimalkan pembelajaran daring.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini dirancang dengan rancangan deskriptif serta dilaksanakan di MI Muawwanah Ngijo, Kendal, Ngawi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan dalam bentuk studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya menggunakan 3 tahapan yaitu, tahap reduksi, tahap display data dan tahap pengambilan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data, ditemukan sebagai berikut, (1) Karakter positif yang diterapkan para orang tua adalah rasa perhatian yang tinggi, kasih sayang yang besar, kesabaran, dan kedisiplinan., (2) Orang tua menerapkan metode pembelajaran sederhana kepada anak selama mendampingi belajar. Metode yang digunakan berupa metode ceramah (metode menjelaskan materi pelajaran dengan menggunakan bahasa ibu), metode ceramah ini juga diterapkan dengan pemberian contoh-contoh riil di sekitar anak, (3) Upaya yang dilakukan orang tua untuk memaksimalkan pembelajaran daring antara lain: (a) memenuhi kebutuhan belajar anak; (b) mengikut sertakan anak pada lembaga TPQ atau kegiatan masjid setempat; (c) ikut terlibat secara langsung dalam memantau, membimbing, dan mengajari anak belajar disela kesibukannya; (d) menjalin komunikasi dengan wali kelas; (e) mengikutkan anak pada lembaga les privat; (f) membiasakan anak dengan hal-hal positif; (g) menanamkan sikap kedisiplinan; (h) berusaha menjadi motivator; (i) menciptakan suasana belajar yang nyaman untuk anak belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ika Rusdiana, M. A.
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 03:40
Last Modified: 02 Jun 2021 03:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14547

Actions (login required)

View Item View Item