Metode Demonstrasi Berbasis Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Gerakan Dan Bacaan Salat Pada Siswa Tunagrahita Ringan Di SMPLB Negeri Manisrejo Kota Madiun

Muawanah, Risalatul (2021) Metode Demonstrasi Berbasis Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Gerakan Dan Bacaan Salat Pada Siswa Tunagrahita Ringan Di SMPLB Negeri Manisrejo Kota Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317343_RISALATUL MUAWANAH_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Risalatul, Muawanah. 2021. Metode Demonstrasi Berbasis Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Gerakan Dan Bacaan Salat Siswa Tunagrahita Ringan di SMPLB Negeri Manisrejo Kota Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Dosen Pembimbing Syaiful Arif, M.Pd.
Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Siswa Tunagrahita Ringan, Salat.
Metode demonstrasi adalah suatu metode pembelajaran untuk menyampaikan materi dengan cara memperagakan atau mempertunjukkan agar siswa mudah memahami apa yang disampaikan oleh guru. Metode ini digunakan khususnya untuk materi pendidikan agama Islam seperti praktik ibadah salat, wudhu dalam kehidupan sehari-hari. Anak berkebutuhan khusus menghambat setiap segala pembelajaran pendidikan Islam, terutama pembelajaran salat di kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, metode demonstrasi ini sangat perlu untuk siswa salah satunya pada siswa yang menyandang disabilitas yaitu siswa tunagrahita ringan di SMPLB Negeri Manisrejo.
Penelitian ini bertujuan (1) untuk menjelaskan penerapan metode demonstrasi berbasis video pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menghafal gerakan dan bacaan salat pada siswa tunagrahita ringan di SMPLB Negeri Manisrejo. (2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode demonstrasi berbasis video pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menghafal gerakan dan bacaan salat pada siswa tunagrahita ringan di SMPLB Negeri Manisrejo.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, yaitu hasil penelitian berdasarkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau peilaku orang-orang yang diamati dengan. Metode pengumpulan data ini menggunakan metode wawancara, observasi dan kesimpulan. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan metode demonstrasi berbasis video pembelajaran pada siswa tunagrhita ringan di SMPLB Negeri Manisrejo khususnya pembelajaran pendidikan Islam contohnya gerakan salat sudah baik. Adanya pelaksanaan penerapan metode demonstrasi ini siswa tunagrahita ringan sudah ada yang bisa melakukan gerakan salat sesuai kemampuan yang dimiliki siswa tunagrahita ringan. Waktu pelaksanaan metode demonstrasi ini dilakukan secara daring yaitu melalui video pembelajaran yang dibagikan di whatsapp group siswa tunagrahita ringan. Hasil pelaksanaan metode demonstrasi ini siswa tunagrahita ringan dalam kemampuan menghafal gerakan sudah baik, namun dalam kemampuan bacaan salatnya masih belum hafal. (2) faktor pendukung dalam penerapan metode demonstrasi berbasis video pembelajaran guna meningkatkan kemampuan menghafal gerakan salat dan bacaannya yaitu berasal dari faktor sarana dan prasarana, tenaga pendidik, dan orang tua. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu perbedaan tingkat intelegensi siswa dan ada beberapa orang tua siswa yang tidak memiliki gadget android.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Syaiful Arif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 02:08
Last Modified: 02 Jun 2021 02:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14429

Actions (login required)

View Item View Item