Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Layanan Perpustakaan Terhadap Minat Membaca Siswa Kelas VIII di MTsN 1 Ponorogo

Erviani, Erviani (2021) Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Layanan Perpustakaan Terhadap Minat Membaca Siswa Kelas VIII di MTsN 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
ERVIANI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Erviani. 2021. Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Layanan Perpustakaan terhadap Minat Membaca Siswa Kelas VIII di MTsN 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Arif Wibowo.M. Pd.I
Kata Kunci: Fasilitas Kualitas Layanan Perpustakaan, Minat Membaca.
Minat membaca adalah keinginan yang kuat dalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas membaca. Membaca memiliki banyak sekali manfaat diantaranya menambah kosakata dan pengetahuan. Namun realita sekarang ini masih banyak ditemukan peserta didik yang memiliki minat membaca terbilang rendah. Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat membaca. Pada mulai pada pendidikan dasar dan seterusnya, kebiasaan membaca anak-anak masih rendah Fakta di lapangan juga menunjukkan bahwa sekitar 20% siswa kelas VIII di MTsN 1 Ponorogo memiliki minat membaca rendah. Di samping itu, sekolah memiliki peranan yang amat penting dalam menumbuhkan kegemaran membaca dengan menyediakan fasilitas dan kualitas layanan perpustakaan untuk meningkatkan minat membaca.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh fasilitas pepustakaan terhadap minat membaca siswa kelas VIII di MTsN 1 Ponorogo. (2) pengaruh kualitas layanan terhadap minat membaca siswa kelas VIII di MTsN 1 Ponorogo. (3) Pengaruh fasilitas dan kualitas layanan perpustakaan terhadap minat membaca di MTsN 1 Ponorogo
Teknik instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jumlah sampel 152 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Serta menggunakan analisis regresi linier sederhana dan berganda sebagai metode analisis data.
Dari hasil penelitian tentang minat membaca ditemukan bahwa: (1) Fasilitas perpustakaan dengan uji R Square berpengaruh sebesar 25,7% terhadap minat membaca siswa kelas VIII di MTsN 1 Ponorogo. (2) Kualitas layanan perpustakaan dengan uji R Square berpengaruh signifikan sebesar 20,9% terhadap minat membaca siswa kelas VIII di MTsN 1 Ponorogo. (3) Fasilitas perpustakaan dan kualitas layanan perpustakaan dengan uji R Square berpengaruh secara signifikan sebesar 27,8% terhadap minat membaca dan 72,2% dipengaruhi faktor lain. Maka dapat di simpulkan bahwa Ho ditolak dengan demikian dua variabel berpengaruh secara signifikan terhadap minat membaca siswa di MTsN 1 Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Wibowo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 01:55
Last Modified: 02 Jun 2021 01:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14409

Actions (login required)

View Item View Item