Analisis Psikologi Keluarga Islam Terhadap Keharmonisan Keluarga TKW Di Desa Gajah Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo.

Rohmawati, Umi (2021) Analisis Psikologi Keluarga Islam Terhadap Keharmonisan Keluarga TKW Di Desa Gajah Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI UMI ROHMAWATI .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rohmawati, Umi. 2021. “Analisis Psikologi Keluarga Islam terhadap Keharmonisan Keluarga TKW Di Desa Gajah Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo” Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Ika Rusdiana, M.A.
Kata kunci/keyword: Psikologi Keluarga Islam, Keharmonisan Keluarga, Pola Komunikasi Keluarga Islam.
Psikologi Keluarga Islam adalah studi yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses kejiwaan manusia pada kehidupan keluarga yang didasarkan kepada ajaran Islam. Keluarga dianggap harmonis apabila memiliki prinsip kesepadanan antar pasangan yang sama-sama manusia dengan martabat, adanya norma hukum yang mengatur perilaku setiap pasangan dan terpenuhinya segala kebutuhan hidup berupa sandang, pangan dan papan. Akan tetapi pada sebagian besar keluarga TKW di Ponorogo tidak mampu menjalin keluarga yang harmonis sebagaimana data perceraian dari Pengadilan Agama Kabupaten Ponorogo sejak tahun 2019 terdapat 451 perkara cerai gugat. Perceraian tersebut disebabkan oleh ketidakberfungsian keluarga sebagai fungsi religi, fungsi protektif dan fungsi rekreatif. Hal ini tidak berlaku demikian dalam sebagian keluarga TKW di desa Gajah Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo yang mampu menyelesaikan konflik meskipun dalam kondisi jarak jauh sehingga tetap tercipta keluarga yang harmonis.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana analisis psikologi keluarga Islam terhadap pola komunikasi keluarga TKW di Desa Gajah Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo? (2) Bagaimana analisis psikologi keluarga Islam terhadap resolusi konflik dalam keluarga TKW di Desa Gajah Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan menggunakan melalui tiga tahap yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pola komunikasi pada keluarga TKW di Desa Gajah sesuai dengan Al-Qur’an tentang etika berkomunikasi, yaitu: amanah, tidak melakukan dusta dan adil. Resolusi konflik dalam mewujudkan keluarga yang harmonis (sakinah, mawaddah, warohmah) pada keluarga TKW di Desa Gajah menggunakan 4 resolusi konflik yang terdapat dalam QS Al-Nisa>’ ayat 35, yaitu: Al-Ma’ru>f (kelembutan dan kerukunan antara suami dan istri), Al-s{obru (kesabaran), Tah}ammul Al-Ada (kebebasan dalam menyampaikan dan menerima pendapat pasangan) dan Al-Wa’z{u (nasehat).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ika Rusdiana
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2021 07:57
Last Modified: 31 May 2021 07:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14365

Actions (login required)

View Item View Item