NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM BUKU AJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMK KELAS XI KURIKULUM 2013

Jannah, Septa Miftakul (2021) NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM BUKU AJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMK KELAS XI KURIKULUM 2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317246_SEPTA MIFTAKUL JANAH_PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Miftakul Janah, Septa. 2021. Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Buku Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMK Kelas XI Kurikulum 2013. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Hj. Evi Muafiah, M. Ag.

Kata Kunci: Moderasi Beragama, Buku Ajar, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Fakta radikalisme telah menyebar dalam lini pendidikan terutama di sekolah. Berbagai bentuk kekerasan dan paksaan, bahkan muatan negatif telah banyak ditemukan dalam buku ajar PAI dan Budi Pekerti SMA Kelas XI. Terdapat lebih dari satu muatan teks yang mendorong peserta didik kepada tindakan radikalisme. Padahal, buku ajar merupakan sarana pembentukan kepribadian peserta didik yang harus mendukung pembentukan sikap anti radikalisme. Moderasi beragama adalah sikap wajib dalam menghadapi kehidupan dengan segala keberagaman yang ada. Materi PAI dan Budi Pekerti diharapkan dapat menjadi sumber dan bekal peserta didik agar memiliki sikap moderasi beragama.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan isi buku ajar mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti SMK Kelas XI Kurikulum 2013 (2) Mendeskripsikan muatan nilai-nilai moderasi beragama dalam buku ajar mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti SMK Kelas XI Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui jenis penelitian kepustakaan (library research). Peneliti mengungkap nilai-nilai dalam buku teks tentang moderasi beragama dengan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi agar memperoleh data yang relevan serta menganalisisnya menggunakan content analysis.
Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) Buku ajar ini memiliki 11 bab pembahasan yang menjelaskan lingkup akidah akhlak, qur’an hadits, sejarah peradaban Islam, dan fiqih. Terdapat beberapa bagian di setiap bab pembahasannya antara lain: peta konsep, membuka relung hati, mengkritisi sekitar kita, memperkaya khazanah, menerapkan perilaku mulia, rangkuman, dan evaluasi. (2) Muatan nilai-nilai moderasi beragama yang terdapat dalam buku ajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti tingkat SMK Kelas XI Kurikulum 2013 berbentuk dua macam, yakni tekstual dan kontekstual yang meliputi wasat{iyyah, membangun perdamaian, menghargai kemajemukan, menghargai harkat dan martabat kemanusiaan laki-laki dan perempuan, menjunjung tinggi keadaban mulia, dan memajukan kehidupan umat manusia. Muatan-muatan tersebut terkadang ditulis secara langsung atau disisipkan dalam berbagai pernyataan, serta berupa kisah/cerita yang disajikan dalam pembahasan di setiap babnya. Buku ajar ini memuat upaya-upaya untuk menjadikan peserta didik memiliki sikap toleran, inklusif, anti kekerasan, dan menghargai keberagaman yang ada. Hal ini sangat memerlukan bantuan dari guru untuk mengajarkannya sehingga strategi yang disajikan dapat berhasil menumbuhkan nilai moderasi beragama pada diri peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Evi Muafiah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2021 01:14
Last Modified: 31 May 2021 01:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14247

Actions (login required)

View Item View Item