IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN QUR'AN HADIS MELALUI MEDIA GOOGLE CLASSROOM DI KELAS XI MA MA'ARIF AL-HIKMAH NGRAYUN TAHUN AJARAN 2020/2021

Muhayat, Muhayat (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN QUR'AN HADIS MELALUI MEDIA GOOGLE CLASSROOM DI KELAS XI MA MA'ARIF AL-HIKMAH NGRAYUN TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210317143 MUHAYAT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Muhayat, 2021. Tentang Implementasi Pembelajaran Qur’an Hadis Melalui Media Google Classroom Di Kelas XI MA Ma’arif Al-Hikmah Ngrayun. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Afif Syaiful Mahmudin, M.Pd,I.
Kata Kunci : Qur’an Hadis, Google Classroom, MA Ma’arif Al-Hikmah.
MA Ma’arif Al-Hikmah Ngrayun adalah lembaga yang mengembangkan suatu pendidikan keagamaan, seperti pelajaran Qur’an Hadis, di dalam pelajaran materi Qur’an Hadis itu sendiri mencangkup materi suatu dalil, hadis maupun ayat al-Qur’an. Sehingga pada saat ini pada masa pandemi semua kegiatan dilakukan dengan sistem daring yang menggunakan sebuah media, sehingga bagaimana seorang guru dalam menyampaiakan pelajaran tersebut agar bisa tercapai sebuah tujuan pembelajaran yang diingginkan.
Tujuan penelitian untuk mengetahui (1). konstruksi perencanaan pembelajaran Al-Qur’an Hadis melalui media Google Classroom di Kelas XI MA Ma’arif Al-Hikmah Ngrayun (2). pelaksanaan pembelajaran berbasis daring pada mata pelajaran Hadis di MA Ma’arif Al-Hikmah Ngrayun (3). evaluasi hasil belajar .
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian meliputi teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data, penelitian ini menggunakan sebuah analisis deskriptif kualitatif.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa: Konstruksi perencanaan seperti seorang guru menyiapkan sebuah RPP, donwload aplikasi google classroom. Pelaksanaan pembelajaran seperti sebelum kegiatan pembelajaran inti dimulai seorang guru melakukan kegiatan kabar dan absensi di media pembelajaran, kegiatan inti seorang guru mengirimkan file pdf sebagai resuman materi, penggunaan strategi seperti membaca, penggunaan alokasi waktu pembelajaran daring. Evaluasi seorang guru mengirimkan sebuah file penugasan untuk dikerjakan oleh peserta didik untuk mengetahui kemampuan dari hasil belajar yang dilakasanakan, dalam pengerjaan kegiatan evaluasi ini seorang guru memberikan sebuah batas waktu dalam pengerjaan soal yang diberikan kepada peserta didik, apabila batas waktu habis maka peserta didik tidak bisa mengerjakan tugas yang diberikan oleh seorang guru pada media google classroom.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afif Syaiful Mahmudin
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 May 2021 06:52
Last Modified: 28 May 2021 06:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14059

Actions (login required)

View Item View Item