Penerapan strategi reading aloud, role reversal question, dan drill pada pembelajaran berbasis scientific aspek nilai agama dan moral (NAM) (penelitian tindakan kelas di siswa kelompok B TK Muslimat al-Mukhoiri Grogol semester genap tahun pelajaran 2014/2015).

Sri, Anjarini (2015) Penerapan strategi reading aloud, role reversal question, dan drill pada pembelajaran berbasis scientific aspek nilai agama dan moral (NAM) (penelitian tindakan kelas di siswa kelompok B TK Muslimat al-Mukhoiri Grogol semester genap tahun pelajaran 2014/2015). Undergraduate (S1) thesis, STAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
srianjarini2015, Bab I,II,DP.pdf

Download (215kB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran di PAUD, terkadang ada anak yang kurang memperhatikan ketika guru mengajar, ada yang mengganggu temannya, bahkan ada yang bermain di kelas dan ketika disuruh menirukan dan melafalkan mereka tidak bisa.Oleh karena itu peran aktif guru sangat penting dalam proses pembelajaran anak usia dini, agar anak selalu aktif dan senang mengikuti pembelajaran. Disamping itu pengaruh agama orang tua sangat menunjang belajar siswa, sehingga pembiasaan mengaji sudah dimulai dari kehidupan anak. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Tingkat kemampuan mengamati anak dalam pembelajaran huruf hijaiyah di Kelompok B TK Muslimat Al Mukoiri Grogol Sawoo Ponorogo melalui strategi Reading Aloud, Role Renversal Question, dan Drill dalam pembelajaran huruf hijaiyah, (2) Tingkat kemampuan menanya anak dalam mengikuti pembelajaran huruf hijaiyah di Kelompok B TK Muslimat Al Mukoiri Grogol Sawoo Ponorogo melalui strategi Reading Aloud, Role Renversal Question, dan Drill dalam pembelajaran huruf hijaiyah (3) Tingkat kemampuan melafal anak dalam pembelajaran huruf hijaiyah di Kelompok B TK Muslimat Al Mukoiri Grogol Sawoo Ponorogo Dalam mengungkapkan masalah ini, peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan setting di Kelompok B TK Muslimat Al Mukoiri Grogol Ponorogo yang mencakup 2 siklus. Dalam setiap siklusnya melalui daur PTK yang terdiri dari 4 tahap yaitu : Perencanaan (Planning), Tindakan (Acting),Observasi (Observing), dan Refleksi (Reflecting). Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tehnik observasi dan dokumentasi. Dari analisis data yang ditemukan bahwa strategi Reading Aloud, Role Renversal Question, dan Drill yang diterapkan guru dalam pembeajaran huruf hijaiyah di Kelompok B TK Muslimat Al Mukoiri Grogol Ponorogo, hasilnya adalah sebagai berikut : Peningkatan yang diperoleh pada siklus I, Kemampuan mengamati mencapai 40% dari jumlah 20 anak, Kemampuan menanya mencapai 60% dari jumlah 20 anak, dan Kemampuan melafal 75% dari jumlah anak. Siklus II, tingkat kemampuan mengamati mencapai 80% dari jumlah 20 anak, kemampuan menanya 90% dari jumlah 20 anak, dan kemampuan melafal mencapai 85% dari jumlah 20 anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: 1. Ahmad Saikhudin, M.Pd
Subjects: ?? 2X73 ??
Divisions: ?? pro_pai ??
Depositing User: m. dhofar
Date Deposited: 23 Jun 2015 07:13
Last Modified: 23 Jun 2015 07:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14

Actions (login required)

View Item View Item