Peran Majelis Ta'lim dan Sholawat Syubbanul Musthofa dalam Meningkatkan Karakter Religius Remaja di Desa Sooko Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo

Nur'azizah, Niken (2021) Peran Majelis Ta'lim dan Sholawat Syubbanul Musthofa dalam Meningkatkan Karakter Religius Remaja di Desa Sooko Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210317338_NIKEN NUR'AZIZAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nur’azizah, Niken. 2021. Peran Majelis Ta’lim dan Sholawat Syubbanul Musthofa dalam Meningkatkan Karakter Religius Remaja di Desa Sooko Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Fata Asyrofi Yahya, M.Pd.I.

Kata Kunci: Majelis Ta’lim dan Sholawat, Karakter Religius, Remaja
Fase remaja merupakan fase pencarian jati diri dengan mengeksplore rasa keingintahuannya untuk menemukan jati dirinya. Salah satu dampak yang terjadi jika mereka gagal adalah terjadinya degradasi moral pada remaja, seperti yang terjadi di Desa sooko Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo. Banyak remaja yang berambut pirang, bertindik, suka modifikasi dan balap motor, bahkan tidak jarang juga mau minum-minuman keras. Selain itu, pengetahuan keagaaman mereka sangat minim. Sehingga peribadatan mereka kurang baik dan hubungan sosial mereka tidak terkondisikan.
Berdasarkan hal tersebut penulis melakukan penelitian ini dengan tujuan 1) untuk mengetahui strategi majelis Syubbanul Musthofa dalam meningkatkan karekter religius remaja, 2) untuk mengetahui pendukung dan penghambat majelis ta’lim dan sholawat Syubbanul Musthofa dalam meningkatkan karekter religius remaja, dan 3) untuk mengetahui keberhasilan majelis Syubbanul Musthofa dalam meningkatkan karekter religius remaja.
Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif melalui studi kasus di Desa Sooko. Data yang akan diambil adalah data-data primer dan data sekunder. Perolehan data tersebut dilakukan melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah milik Miles dan Hubermen yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) strategi yang dilakukan oleh majelis Syubbanul Musthofa adalah membentuk majelis ta’lim dan sholawat yang fleksibel dengan remaja, membentuk koordinator penggerak, mengajak menghadiri majelis ta’lim dan teribat pada kegiatan berbasis masjid, mengisi majelis dengan kajian kitab, tausiah dan motivasi, mengajak remaja membaca maulid agar terbiasa membaca tulisan Arab, berkontribusi di event festival banjari, berkoordinasi dengan tokoh agama dan masyarakat, serta melakukan evaluasi dan pengembangan program. (2) Dukungan yang didapat majelis ini misalnya penyediaan tempat, pemberian logistik kegiatan dan melibatkan majelis dalam kegiatan masjid maupun individu, pemberian dana untuk membelikan alat rebana, pemberian tausiah dan kajian kitab dari tokoh agama, monitoring dari Kemenag Jawa Timur, anggaran pengembangan dari lembaga Zawa, serta dukungan dari orang non muslim berupa alat sound sistem. Sedangkan hambatannya adalah pandangan buruk masyarakat diawal perintisan, kegiatan masyarakat yang bersamaan, sulitnya penyatuan pendapat antar jama’ah, pasang surut personil, keterbatasan sarana dan prasarana, serta cuaca yang tidak mendukung dan adanya pandemi. (3) Keberhasilan yang dicapai majelis Syubbanul Musthofa yaitu mampu memperbaiki kebiasaan remaja, menambah pengetahuan keagamaan yang mengubah pola pikir dan meningkatkan ibadahnya, mencetak remaja yang kreatif, memperbaiki hubungan sosial remaja, meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an, serta memberikan ketenangan hati jama’ahnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: FATA ASYROFI YAHYA
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 May 2021 04:00
Last Modified: 28 May 2021 04:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13997

Actions (login required)

View Item View Item