Lestari, Fitri Widhi (2021) UPAYA GURU DALAM PENANAMAN BUDAYA RELIGIUS BAGI SISWA DI MTS AN-NAJIYYAH LENGKONG SUKOREJO PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
210316203_Fitri Widhi Lestari_Pendidikan Agama Islam.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Lestari, Fitri Widhi. 2020. Upaya Guru Dalam Penanaman Budaya Religius Bagi Siswa Di MTs An-najiyyah Lengkong Sukorejo Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Kharisul Wathoni, M.Pd.I
Kata kunci : Guru, Budaya, Religius
MTs An-najiyyah Lengkong Sukorejo Ponorogo merupakan salah satu madrasah yang berbasis Islam. Meskipun dalam ruang lingkup islami, para siwa masih memiliki perilaku kurang baik seperti suka berbohong, terlambat sekolah, suka berkata kotor dan tidak mematuhi peraturan madrasah. Maka dari itu salah satu upaya MTs An-najiyyah adalah diadakannya penanaman budaya religius. Budaya religius merupakan budaya yang tercipta dar pembiasaan suasana religius yang berlangsung lama untuk melaksanakan nilai-nilai religius. Beberapa budaya religius yang ada di madrasah diantaranya kegiatan sholat dhuha dan sholat dhuhur berjamaah, istighosah, memulai pembelajaran dengan berdo’a dan asmaul husna, diadakannya amal jum’at serta membuat kegiatan-kegiatan religius seperti muhadlarah, hadroh dan perayaan lainnya dalam rangka memperingati hari-hari besar Islam.
Berdasarkan hal tersebut,peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul upaya guru dalam penanaman budaya religius bagi siswa di MTs An-najiyyah Lengkong Sukorejo Ponorogo dengan tujuan penelitian 1.) Untuk mengetahui upaya guru dalam penanaman budaya religius bagi siswa di MTs An-najiyyah Lengkong Sukorejo Ponorogo 2.) Untuk mengetahui dampak dari upaya penanaman budaya religius terhadap religiusitas siswa di MTs An-najiyyah Lengkong Sukorejo Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data utama dalam penelitian ini berupa tindakan, perilaku dan sikap. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini ditemukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1). Di madrasah guru memberikan pendidikan formal dan pendidikan diluar kelas dengan mengajak siswa berperilaku dan beretika seperti bertutur kata yang baik, sopan santun yang baik. Guru juga menciptakan madrasah yang bernuansa religius. 2.) Berdampak positif yaitu adanya perubahan perilaku yang baik dari para siswa seperti bertutur kata baik, jujur, bertanggung jawab, disiplin, mempunyai rasa hormat terhadap guru, dan juga dapat mematuhi tata tertib sekolah dan menjadi kebanggaan madrasah dengan kegiatan-kegiatan religius yang rutin diadakan di dalam madrasah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Kharisul Wathoni |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 27 May 2021 05:40 |
Last Modified: | 27 May 2021 05:40 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13923 |
Actions (login required)
View Item |