Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Jual Beli Pupukdi Gapoktan Desa Jimbe Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo

TYASTUTI, SANDRA NOVIANING (2021) Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Jual Beli Pupukdi Gapoktan Desa Jimbe Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
sandra upload e theses.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Novianing Tyastuti, Sandra, 2020, TinjauanEtikaBisnis Islam terhadap Jual Beli Pupuk di Gapoktan Desa Jimbe Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo, Skripsi, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing M. Ilham Tanzilullah, M.H.I.
Kata kunci: EtikaBisnis Islam, Prinsip Etika Bisnis
Etika Bisnis Islam adalah serangkaian aktivitas bisnis Islam berbagai bentuknya (yang tidak dibatasi), namun dibatasi dalam cara perolehan dan pedayaan hartanya (ada aturan halal dan haram). Gabungan kelompok tani (Gapoktan) adalah kumpulan beberapa kelompok tani yang bergabung dan bekerjasama untuk meningkatkan ekonomi dan efisiensi usaha.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap pengelolaan bisnis dalam jual beli pupuk di gapoktan Desa Jimbe Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo ? (2) Bagaimanatinjauanetikabisnis Islam terhadapetikapenjualdalamjualbelipupuk di gapoktan Desa Jimbe Kecamtan Jenangan Kabupaten Ponorogo ?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik deskriptif analisis dengan pola piker induktif, yaitu teknik analisa dengan cara memaparkan data apa adanya.
Dari analisis ini dapatdisimpukan bahwa, pertama bahwa jual beli yang dilakukan di Gapoktan Desa Jimbe tidak menerapkan prinsi petika bisnis Islam dalam proses transaksinyadengan benar seperti yang terdapat dalam etika bisnis Islam, yang sehingga penjual mengalami kerugian karena harus menutupi kekurangan setoran yang akan diberikan kepada distributor pupuk. Kedua, bahwa didalam jual beli pupuk di Gapoktan Desa Jimbe penjual tidak menerapkan prinsip etika bisnis Islam didalamnya, sehingga banyak pembeli yang mengeluh mengenai keadaan pupuk yang kualitasnya tidak baik dan dijual dengan harga yang samadengan pupuk yang baru

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. ILHAM TANZILULLOH
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 May 2021 02:03
Last Modified: 24 May 2021 02:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13776

Actions (login required)

View Item View Item