Gender Harmoni Dalam Upaya Ketahanan Keluarga Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Keluarga Ojek Online di Kabupaten Ponorogo)

Rohmah, Ulin Nadya Rif'atur (2021) Gender Harmoni Dalam Upaya Ketahanan Keluarga Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Keluarga Ojek Online di Kabupaten Ponorogo). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ULIN NADYA RIF'ATUR ROHMAH.pdf

Download (27MB) | Preview

Abstract

Fenomena pandemi Covid-19 nyatanya tidak hanya berdampak pada kesehatan saja, namun berdampak pula terhadap penurunan ekonomi masyarakat akibat adanya pembatasan segala aktivitas. Ojek online merupakan salah satu pekerja informal yang terkena dampak pada penurunan ekonomi akibat Covid-19 yang selanjutnya berpengaruh juga pada ekonomi keluarga. Krisis ekonomi yang dirasakan tidak hanya berpengaruh secara fisik saja, namun juga secara sosial dan psikologis. Penelitian ini bertujuan menjawab bagaimana ketahanan keluarga ojek online di Ponorogo pada masa pandemi Covid-19 serta bagaimana analisis gender harmoni dalam pengupayaan ketahanan keluarga di tengah pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif dan teori yang digunakan adalah teori tentang ketahanan keluarga dan gender harmoni. Penelitian ini menghasilkan dua kesimpulan (1) Seluruh keluarga telah menunjukkan adaptasi yang positif terhadap berbagai problematika yang sedang dihadapi. Adapun strategi koping yang dilakukan melalui penerapan komunikasi yang efektif dan komitmen yang tinggi serta diimbangi pula oleh spiritualitas keluarga. (2) Penerapan gender harmoni dalam pengupayaan ketahanan keluarga dapat dilihat melalui adanya dual income, artinya keluarga tidak membatasi akses baik bagi laki-laki atau perempuan dalam mencari nafkah. Keluarga juga menanamkan prinsip komunikasi, komitmen, dan kerja sama baik dalam hal pekerjaan publik maupun domestik yang mencirikan gender harmoni. Tetapi terdapat salah satu keluarga yang tidak mencerminkan gender harmoni, sebab terdapat double burden yang melahirkan inequality gender dan inequity gender.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Evi Muafiah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 May 2021 06:41
Last Modified: 19 May 2021 06:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13699

Actions (login required)

View Item View Item