Analisis Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Kerja Karyawan (Studi Pada Extrawash Laundry Ponorogo)

Rahayu, Indha Enggal (2021) Analisis Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Kerja Karyawan (Studi Pada Extrawash Laundry Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210717139_INDHA_ES.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Rahayu, Indha Enggal. Analisis Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Upaya Peningkatan Kualitas Kerja Karyawan (Studi Pada Extrawash Laundry Ponorogo). Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Husna Ni’matul Ulya, M. E. Sy.

Kata kunci: Keahlian, latihan, edukasi.

Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi bagian terpenting dalam komponen suatu perusahaan. Untuk menjadi perusahaan yang bisa bertahan ditengah ketatnya persaingan, sebuah usaha membutuhkan karyawan yang memiliki kualitas kerja yang baik. Kualitas kerja seorang karyawan dapat ditentukan berdasarkan pelaksanaan pengembangan dengan penerapan metode yang tepat. Oleh karena itu mampu mencapai sasaran yang ditetapkan perusahaan, sehingga metode yang diterapkan dapat dikatakan baik. Dalam hal ini Extrawash Laundry menerapkan metode pengembangan yaitu education dan training baik kepada karyawan baru maupun lama. Namun ternyata masih banyak pelanggan yang mengeluhkan tentang kualitas kerja karyawan seperti pelayanan yang lebih dari batas waktu tempo, bau apek, dan juga produk dry cleaning yang kurang rapi. Penelitian ini memiliki tujuan menganalisis pelaksanaan pengembangan karyawan melalui metode education and training (pendidikan dan latihan) di Extrawash Laundry Ponorogo.

Berdasarkan sumber datanya penelitian ini termasuk penelitian kasus dan penelitian lapangan (field research). Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi dan teknik analisis data menggunakan metode deduktif yang menganalisis data bersifat umum untuk ditarik kesimpulan yang bersifat khusus.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pengembangan karyawan di Extrawash Laundry melalui metode under study terdapat kendala adanya konflik pribadi antara pelatih dan peserta pelatihan sehingga menimbulkan banyak miskomunikasi baik saat proses edukasi ataupun saat bekerja, dengan melalui job rotation, coaching dan on the job training ditemukan bahwa kurangnya pengawasan dari pelatih salah satunya karena pekerjaannya sendiri yang sudah banyak, sehingga peserta pengembangan untuk menyatakan benar salah menggunakan persepsi sendiri dalam menerapkan prosedur penggunaan mesin yang menyebabkan hasil kerja kurang maksimal, sedangkan melalui demonstration and example dan simulation ditemukan sebab yaitu kurangnya fokus peserta pengembangan karena kondisi fisik yang kelelahan setelah bekerja. Oleh sebab itu sebaiknya Extrawash Laundry menetapkan aturan profesionalitas kerja sehingga tidak tercampurnya masalah pribadi dan pekerjaan karyawan, serta dalam mengadakan kegiatan pengembangan hendaknya menetapkan jadwal khusus agar kegiatan berjalan lebih optimal, sehingga dari segi pelatih ataupun peserta akan mempersiapkan diri dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Husna Ni'matul Ulya
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 May 2021 08:19
Last Modified: 17 May 2021 08:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13575

Actions (login required)

View Item View Item