Tinjauan Maslahah Mursalah Terhadap Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2020 Di Lingkungan Mahkamah Agung RI Dan Badan Peradilan Yang Berada Di Bawahnya

Budianto, Mochammad Arif (2021) Tinjauan Maslahah Mursalah Terhadap Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2020 Di Lingkungan Mahkamah Agung RI Dan Badan Peradilan Yang Berada Di Bawahnya. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Mochammad Arif Budianto.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mochammad Arif Budianto 2021. Tinjauan Maslahah Mursalah Terhadap Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2020 Di Lingkungan Mahkamah Agung RI Dan Badan Peradilan Yang Berada Di Bawahnya. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Endrik Safudin, M.H.
Kata Kunci: Maslahah Mursalah, Peraturan Kebijakan, Diskresi, Surat Edaran Mahkamah Agung
Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2020 merupakan salah satu peraturan kebijakan (Diskresi) yang muncul karena adanya Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dimana dalam kebijakan tersebut mengatur bagaimana pola kerja hakim dan aparatur peradilannya selama masa pencegahan penyebaran Covid-19 yakni dengan menetapkan mekanisme WFH secara bergantian, langkah-langkah yang harus diambil oleh majelis hakim dan lima kebijakan lainnya. Dikeluarkannya sema ini tentu merupakan sebuah kebijakan yang nantinya akan
berdampak pada masyarakat luas walaupun peraturan kebijakan ini diberlakuan di lingkungan Mahkamah Agung, maka tentunya hal ini berkaitan dengan kepentingan masyarakat banyak (maslahah ‘ammah), sehingga penelitian ini akan menganalisis SEMA tersebut menggunakan teori maslahah mursalah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana tinjauan Maslahah Mursalah terhadap tujuan lahirnya Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas Selama Masa Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Di Lingkungan Mahkamah Agung RI dan Badan Peradilan yang Berada di Bawahnya dan bagaimana tinjauan Maslahah Mursalah terhadap isi Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas Selama Masa Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Di Lingkungan Mahkamah Agung RI dan Badan Peradilan yang Berada di Bawahnya.
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian kualitatif pustaka yaitu mengkaji atau menelusuri berbagai sumber tertulis yang berkaitan dengan objek penelitian. Dan untuk mendapatkan data yang diperlukan berupa data teoritis, maka penulis dalam penulisan skripsi ini menggunakan jenis penelitian normatif yaitu penelitian yang objek kajiannya meliputi norma atau kaidah dasar, asas-asas hukum, peraturan perundang- undangan, perbandingan hukum, doktrin, serta yurisprudensi.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa SEMA Nomor 1 Tahun 2020 ini merupakan sebuah bentuk diskresi karena dikeluarkannya sema ini merupakan respon cepat MA dalam menghadapi bencana nasional yang sedang terjadi yaitu Covid-19 dan jika ditinjau dari maslahah mursalah maka SEMA ini merupakan sebuah maslahah ad-dharuriyah karena SEMA ini hadir untuk melindungi jiwa hifz al-nafs aparatur peradilan dan para pencari kedilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Endrik Safudin
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Apr 2021 07:06
Last Modified: 13 Apr 2021 07:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12970

Actions (login required)

View Item View Item