Metode Dakwah Sunan Kalijaga melalui Akulturasi Budaya dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam

Waqid, Achmad Nur (2020) Metode Dakwah Sunan Kalijaga melalui Akulturasi Budaya dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210316292_ACHMAD NUR WAQID..pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Waqid, Achmad Nur. 2020. Metode Dakwah Sunan Kalijaga melalui Akulturasi Budaya dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam (IAIN) Ponorogo, Pembimbing. Dr. Umar Sidiq, M.Ag.
Kata Kunci: Metode Dakwah, Sunan Kalijaga, Akulturasi Budaya, Tujuan Pendidikan Islam.
Pada era modern sekarang banyak kejadian yang menampakkan bahwa Islam cenderung terlihat keras dan kejam akibat salah dalam memaknai dakwah yang sebenarnya. Munculnya lembaga pendidikan yang mengajarkan faham anti NKRI, pelarangan upacara bendera dan hormat bendera merah putih karena dianggap syirik dan kafir. Maraknya radikalisme, terorisme, anti Pancasila, ditambah da’i yang tidak professional. Kita mengetahui bahwa Islam datang ke Nusantara tidak lepas dari peran dewan dakwah yang berjumlah sembilan yang kita kenal dengan sebuatan Walisongo. Sunan Kalijaga adalah salah satu dari Walisongo yang memiliki banyak keunikan dalam proses Islamisasi di Tanah Jawa. Pribadi yang multidimensi tidak hanya ahli dalam pemahaman Islam melainkan juga menguasai berbagai metode dan bidang ilmu yang dibutuhkan masyarakat. Keadaan masyarakat Jawa yang masih kental dengan tradisi lama maka metode dakwah yang dipakai dalam Islamisasipun menyesuaikan dengan culture yang ada, seperti menciptakan wayang kulit, baju taqwa, tembang, suluk, grebeg maulud, gamelan dan cerita wayang. Sehingga membuat masyarakat tertarik memeluk Islam dengan suka rela. Dengan demikian orang memandang Islam agama yang ramah, fleksibel dan tidak menyeramkan. Selain itu aplikasi dari ajarannya yang mengajak terhadap komitmen kebangsaan yang baik menumbuhkan rasa cinta tanah air dengan pemanfaatan budaya setempat, karena kita tahu relasi antara Islam dan kebangsaan sangatlah erat.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan dan menganalisis tentang metode dakwah Sunan Kalijaga melalui akulturasi budaya. 2) Memaparkan dan menganalisis relevansi metode dakwah Sunan Kalijaga dengan tujuan pendidikan Islam.
Jenis penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research), yaitu mengkaji berbagai referensi tentang Sunan Kalijaga. Selain itu penelitian ini menggunakan pendekatan historis yakni mengkaji tentang sejarah-sejarah Sunan Kalijaga dalam penyebaran Islam di Nusantara. Adapun teknis analisis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah induktif, yaitu proses berpikir yang diawali dari fakta-fakta pendukung yang spesifik, menuju ke arah yang lebih umum untuk mencapai kesimpulan.
Penelitian ini menemukan: 1) Alasan Sunan Kalijaga Menggunakan Akulturasi Budaya sebagai Metode Dakwahnya, antara lain: Meminimalkan adanya konflik dengan masyarakat. Harmoni Islam dan kehidupan masyarakat Nusantara. 2) Relevansi dengan tujuan pendidikan Islam yaitu: Aḥdāf (badan) sama-sama memperhatikan aspek jasmani menjaga badan, kesehatan, pola makan, kebersihan supaya pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan nyaman. Aḥdāf akhlaqiyah (pembinaan akhlaq) sama-sama mendidik dalam pembinaan akhlakul karimah dan menuntun seseorang ke arah yang lebih baik sesuai dengan syariat Islam. Aḥdāf fikriyah (akal) sama-sama menggiring peserta didik berfikir keras sehingga menjadi pribadi yang cerdas. Aḥdāf maslahiyah (skill) sama-sama dalam pembinaan bakat dan keahlian sehingga akan mewujudkan kemaslahatan diri dan umat manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umar Sidiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Apr 2021 03:58
Last Modified: 05 Apr 2021 03:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12938

Actions (login required)

View Item View Item