MENJAGA KELESTARIAN LINGKUNGAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Edukasi Ajaran Islam Tentang Lingkungan Hidup di Desa Mangunharjo, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri)

AFRINA, NUR (2020) MENJAGA KELESTARIAN LINGKUNGAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Edukasi Ajaran Islam Tentang Lingkungan Hidup di Desa Mangunharjo, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NUR AFRINA (210316077).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Afrina NW, Nur, 2020. Judul : “Menjaga Kelestarian Lingkungan Dalam Perspektif Islam (Edukasi Ajaran Islam Tentang Lingkungan Hidup di Desa Mangunharjo, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri)” Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Harjali, M.Pd.
Kata Kunci : Kelestarian, Lingkungan, Perspektif Islam
Masalah lingkungan adalah berbicara tentang kelangsungan hidup (manusia dan alam). Melestarikan lingkungan sama maknanya dengan menjamin kelangsungan hidup manusia dan segala yang ada di alam dan sekitarnya. Pelestarian lingkungan hidup merupakan upaya sistematis dan terpadu yang harus dilakukan untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup dan mencegah terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup seperti perencanaan, pemanfaatan, pengendalian, pemeliharaan, pengawasan, dan penegakan hukum.
Peneletian ini bermaksud meneliti konsep pelestarian lingkungan dari sudut pandang hukum Islam. Penelitian ini dimaksudkan sebagai upaya pengembangan wawasan keilmuan dan memberikan pemahaman terhadap masyarakat akan arti penting melestarikan ekologi untuk kebrlangsungan ekologi secara keseluruhan.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan teknik mengumpulkan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwasannya Penerapan konsep pelestarian lingkungan hidup di Desa Mangunharjo belum terealisasikan dengan baik karena kurangnya rasa ingin tahu masyarakat desa Mangunharjo dan sosialisasi hukum Islam tentang lingkungan hidup. Pencegahan itulah yang merupakan hal sangat penting dalam pengembangan dan pelestarian lingkungan hidup dan segala hasil ciptaan yang telah dibuat oleh manusia itu sendiri. Sementara itu manusia ingin melakukan kelangsungan hidup yang tentram dan damai serta menjaga ketertiban lingkungan hidup dalam berumah tangga dan pergaulan sosial dalam masyarakatnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: HARJALI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Dec 2020 04:33
Last Modified: 28 Dec 2020 04:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12609

Actions (login required)

View Item View Item