MENGUKUR KEDEWASAAN PASANGAN SUAMI ISTRI USIA DINI Studi Kasus Di Wilayah Kerja Kua Kec. Paron Kab. Ngawi Perspektif Teori Kedewasaan Mark Dan Angel

Muh Azhar, Mushoffa (2020) MENGUKUR KEDEWASAAN PASANGAN SUAMI ISTRI USIA DINI Studi Kasus Di Wilayah Kerja Kua Kec. Paron Kab. Ngawi Perspektif Teori Kedewasaan Mark Dan Angel. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
TESIS, PASCASARJANA (MUH AZHAR, 503180017).docx.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sejauh mana konsep dan pemahaman kedewasaan yang dimiliki oleh pasutri yang menikah di bawah usia 21 tahun khususnya di bawah usia 19 tahun, apakah pasutri tersebut sudah dapat dikatakan dewasa menurut teori MARK and Angel sehingga dapat dikatakan sudah mampu membina kekeluargaan, karena jika dikaitkan dengan undang-undang 1974 sudah pasti dikatakan belum dewasa sehingga belum dapat membina kekeluargaan.
Dari persolan tersebut, peneliti mengambil tiga rumusan masalah, yaitu: Pertama, Bagaimana sebenarnya pemahaman pasutri di wilayah kecamatan Paron Tentang kedewasaan dalam perkawinan ? Kedua, Bagaimana Implikasi atas pemahaman pemikiran pasangan suami istri di kecamatan Paron tentang kedewasaan dalam perkawinan ? Ketiga, Bagimana formulasi kedewasaan perkawinan dalam rangka pengembangan hukum perkawinan di Indonesia ?
Dalam penelitian ini peneliti menggunkan jenis penelitian metode kualitatif. Metode kualitatif merupakan suatu prosedur yang menghasilkan data deskriptif berupa data tertulis atau bahasa lisan yang digunakan di masyarakat.
Menurut teori Mark dan Angel konsep-konsep kedewasaan seseorang terdapat 20 konsep. Akan tetapi Pasutri Usia Dini Kec. Paron Kab. Ngawi belum mencukupi ke 20 konsep tersebut sehingga mereka dapat dikatakan belum Dewasa. Menurut kedewasaan Psikologi pasutri usia dini Kec. Paron Kab. Ngawi belum waktunya untuk menikah, karena usia mereka ada yang masih berumur 16 tahun pada saat menikah. Dari hasil penelitian kami menyumbangkan tiga faktor formulasi kedewasaan dalam hukum perkawinan di Indonesia. Antara lain, faktor pendidikan, faktor ketrampilan dan faktor tingkah laku.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Miftahul Huda
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Dec 2020 02:27
Last Modified: 21 Dec 2020 02:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12500

Actions (login required)

View Item View Item