MAHMUDAH, QONIK ATUL (2020) (LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM ADA, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH) Implementasi Konsep Ta’dib Ta’lim Dan Tarbiyah Dalam Kegiatan Ziarah Wali Songo Di Pondok Pesantren Darussalam Tegalrejo Desa Pelita Jaya Kecamatan Belitang Madang Raya Kabupaten Oku Timur. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
ETHESES 210316380 QONIK ATUL MAHMUDAH.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Atul Mahmudah, Qonik. 2020. Implementasi Konsep Ta’dib Ta’lim Dan Tarbiyah Dalam Kegiatan Ziarah Wali Songo Di Pondok Pesantren Darussalam Tegalrejo Desa Pelita Jaya Kecamatan Belitang Madang Raya Kabupaten Oku Timur. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Mambaul Ngadimah M.Ag.
Kata Kunci : Implementasi, Ta’dib, Ta,lim, Tarbiyah
Pendidikan adalah hal pokok dalam kehidupan manusia, pendidikan merupakan bekal utama bagi seorang manusia dalam menjalani kehidupan dan memenuhi kebutuhannya. Pendidikan agama juga hal yang sangat dibutuhkan seorang manusia dalam mengenal tuhan yang menciptakannya, tanpa pendidikan agama, seorang manusia akan hidup bagaikan hewan tanpa ada aturan yang membatasinya. Seiring perkembangan zaman dan teknologi, nilai pendidikan Islam semakin memudar di hati masyarakat. Menyikapi realita ini, pondok pesantren Darussalam Tegalrejo menerapkan tiga konsep pendidikan Islam Ta’dib, Ta’lim, dan Tarbiyah di dalam setiap program dan kegiatannya dengan tujuan menguatkan kembali nilai-nilai pendidikan Islam pada diri para santri.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka penelitian ini memunculkan rumusan masalah: (1) Bagaimana penerapan tiga konsep pendidikan Islam Ta’dib, Ta’lim, dan Tarbiyah di pondok pesantren Darussalam Tegalrejo? (2) Bagaimana penerapan tiga konsep pendidikan Islam Ta’dib, Ta’lim, dan Tarbiyah pada kegiatan ziarah walisongo di pondok pesantren Darussalam Tegalrejo?
Untuk menjawab pertanyaan di atas, peneliti menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan tiga konsep pendidikan Islam Ta’dib, Ta’lim, dan Tarbiyah adalah pada setiap kegiatan yang ada di pesantren, konsep Ta’dib terwujud dalam peraturan pesantren yang berisikan adab dan etika, konsep Ta’lim terkandung dalam kegiatan pendidikan baik formal maupun diniyah, konsep tarbiyah terwujud dalam berbagai kegiatan motorik santri dan pelayanan pesantren terhadap santriKanaah. (2) Penerapan tiga konsep pendidikan Islam Ta’dib, Ta’lim, dan Tarbiyah dalam kegiatan ziarah walisongo, Konsep Ta’dib diterapkan melalui peraturan yang ada saat ziarah yang berisi sopan santun ketika pelaksanaan ziarah, konsep Ta’lim diterapkan melalui pengenalan kepada santri tentang sejarah para wali yang diziarahi, konsep Tarbiyah diwujudkan dengan pelayanan pesantren terhadap kebutuhan santri selama kegiatan ziarah walisongo.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | MAMBAUL NGADHIMAH |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 18 Dec 2020 02:18 |
Last Modified: | 18 Dec 2020 02:18 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12421 |
Actions (login required)
View Item |