(FILE KOSONG) Analisis Konsep Kafa'ah pada Pernikahan Muallaf di Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo

Qomariyah, Tika (2020) (FILE KOSONG) Analisis Konsep Kafa'ah pada Pernikahan Muallaf di Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
QOMARIYAH, TIKA. 2020. “Analisis Konsep Kafā’ah terhadap Pernikahan Muallaf di Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo”. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam. Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Dosen Pembimbing Martha Eri Safira, S.H., M.H.
KATA KUNCI: Kafā’ah , muallaf.
Islam dengan hukum dan aturannya telah merinci dengan sedemikian rupa untuk kesempurnaan ibadah tersebut. Salah satu hal yang diperhatikan sebelum perkawinan dilangsungkan adalah dengan adanya konsep Kafā’ah atau pensejajaran keadaan antara calon suami dengan calon istri. Kafā’ah bagi masyarakat Kecamatan Sooko merupakan hal yang menarik untuk diperhatikan. Pasalnya sebagian masyarakat di sana beranggapan bahwa Kafā’ah adalah hal yang tidak terlalu menuntut untuk dipentingkan sebelum perkawinan, selain harus adanya persamaan agama. Dalam penelitian ini penulis mengkaji dan melihat dari perspektif konsep Kafā’ah kaitannya dengan pemenuhan hak dan kewajiban suami istri dalam hubungan perkawinan masyarakat muallaf di Kecamatan Sooko.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana perilaku pelaku perkawinan muallaf terhadap konsep kafā’ah dalam kehidupan rumah tangga di Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo? (2) Bagaimana penerapan hak dan kewajiban suami istri muallaf dalam kehidupan rumah tangga?
Melalui metode penelitian kualitatif, berdasarkan dengan penelitian lapangan (field research) dan analisis data deskriptif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan mengenai objek yang diamati atau diteliti secara sistematis dan aktual mengenai fakta-fakta yang ada di lapangan. Dengan proses wawancara, observasi lapangan dan penarikan kesimpulan berdasarkan teori yang akan memperkuat hasil analisis pada penemuan data yang baru.
Hasil penelitian dan analisis menunjukkan bahwa (1) terkait dengan hak dan kewajiban suami istri muallaf, belum sepenuhnya menjalankan hak dan kewajiban mereka dalam hubungan rumah tangga, sebab ada beberapa hal yang kaitannya dengan pendidikan dan pengajaran kepada istri dalam bidang keagamaan yang belum mampu dilakukan secara maksimal. (2) dalam kaitannya dengan konsep Kafā’ah pasangan muallaf memandang sebatas persamaan agama saja yang dibutuhkan dalam menjalankan kehidupan rumah tangga. Kesimpulannya adalah perkawinan bagi pasangan muallaf di Kecamatan Sooko belum sepenuhnya menaati konsep Kafā’ah perkawinan. Saran terpenting yang perlu diperhatikan adalah pengetahuan agama sangat diperlukan sebagai bekal untuk menjalani kehidupan rumah tangga, khususnya bagi pasangan muallaf baik suami atau istri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Martha Eri Safira
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Dec 2020 07:04
Last Modified: 15 Dec 2020 07:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12352

Actions (login required)

View Item View Item