Tinjauan Maslahah Terhadap Surat Keterangan Sehat Sebagai Syarat Pernikahan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo

Sasongko, Heru (2020) Tinjauan Maslahah Terhadap Surat Keterangan Sehat Sebagai Syarat Pernikahan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210116019_HERU SASONGKO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sasongko, Heru. 2020. Tinjauan Mas{lahah Terhadap Surat Keterangan Sehat Sebagai Syarat Pernikahan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo.Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Endrik Safudin, M.H.

Kata Kunci/keyword: Surat keterangan sehat, Kantor Urusan Agama.

Untuk mendapatkan pengakuan hukum dan dicatat oleh Pejabat Pencatat Nikah (KUA), terlebih dahulu harus memenuhi berbagai persyaratan administrasi yang berlaku dan yang telah ditetapkan. Ketika persyaratan administrasi tersebut lengkap dan terpenuhi, maka akad perkawinan dapat dicatat dan dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang. Salah satu dari persyaratan administrasi dalam perkawinan yang harus dilengkapi adalah surat keterangan kesehatan dari kedokteran atau pukesmas; surat keterangan kesehatan dikeluarkan setelah dilakukan tes kesehatan.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana dasar hukum Surat Keterangan Sehat sebagai syarat pernikahan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo? (2) Bagaimana tinjauan mas{lahah terhadap tujuan surat keterangan sehat sebagai syarat pernikahan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Balong?
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dengan observasi, interview dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan data reduction, dat display dan coclusion drawing (Penarikan Kesimpulan).

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Dasar syarat melampirkan surat keterangan sehat dalam perkawinan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Balong sesuai dengan kaidah mas{lahah yaitu merupakan kemaslahatan mas{lahah al-Mulgha>h yang tidak memiliki sandaran dalam syariat, bahkan terdapat dalil yang mengabaikannya. Kemaslahatan ini tidak dapat dijadikan sebagai penetapan hukum dalam Islam dan tidak ada perbedan pendapat dalam hal ini. Kemaslahatan ini merupakan sesuatu yang dianggap baik oleh akal, akan tetapi tidak ditolak oleh syara’.(2) Tujuan utama syarat melampirkan surat keterangan sehat di Kantor Urusan Agama Kecamatan Balong dalam perkawinan adalah untuk membantu membebaskan pasangan suami istri dari kemadaratan dan permasalahan keturunan. Maka dari itu dengan dibuatnya surat keterangan sehat berati kita telah melaksanakan memelihara jiwa (hifz al-Nafs) dan memelihara keturunan (hifz al-Nasl) yang diperintahkan oleh agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Endrik Safudin
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Dec 2020 23:51
Last Modified: 10 Dec 2020 23:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12224

Actions (login required)

View Item View Item