Kemampuan Mengelola Emosi Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa Bimbingan Penyuluhan Islam Angkatan Tahun 2016)

Masruroh, Masruroh (2020) Kemampuan Mengelola Emosi Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa Bimbingan Penyuluhan Islam Angkatan Tahun 2016). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MASRUROH 211516040.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masruroh, 2020. Kemampuan Mengelola Emosi Positif Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi (Studi Deskriptif pada Mahasiswa Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Angkatan Tahun 2016)”. Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Muhammad Nurdin, M.Ag.

Kata Kunci: Emosi, Kemampuan Mengelola, Emosi Positif

Mahasiswa merupakan suatu nama yang disandang oleh orang yang sedang menempuh pendidikan pada suatu program studi atau jurusan di suatu perguruan tinggi. Untuk menyelesaikan program S1 seorang mahasiswa wajib membuat karya tulis ilmiah yang membahas topik atau bidang tertentu berdasarkan hasil kajian pustaka dan penelitian lapangan atau hasil pengembangan atau eksperimen yang dinamakan skripsi. Emosi adalah perasaan intens yang ditujukan kepada seseorang atau sesuatu. Emosi merupakan reaksi terhadap seseorang atau kejadian. Mahasiswa yang bisa mengelola emosi positifnya dengan baik kemungkinan resiko terkena stres, cemas, dan putus asa menjadi lebih sedikit dibandingkan dengan mahasiswa yang tidak bisa mengelola emosi positifnya dengan baik. Individu yang memiliki kemampuan mengelola emosi akan lebih cakap menangani ketegangan emosi, akan lebih mampu menghadapi dan memecahkan konflik secara efektif.
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, penelitian ini bertujuan untuk menemukan (1) Untuk mengetahui kondisi emosi mahasiswa Jurusan BPI angkatan tahun 2016 yang sedang menyusun skripsi. (2) Untuk mengetahui cara mahasiswa Jurusan BPI angkatan tahun 2016 yang sedang menyusun skripsi dalam meningkatkan kemampuan mengelola emosi positifnya.
Untuk menjawab pertanyaan diatas, penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknis analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian secara ringkas menunjukkan bahwa (1) kondisi emosi mahasiswa dalam mengerjakan skripsi lebih didominasi emosi negatif (2) kemampuan mengelola emosi bisa ditingkatkan dengan mengungkapkan emosi dengan baik dan melakukan relaksasi

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhamad Nurdin
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Dec 2020 02:49
Last Modified: 08 Dec 2020 02:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12048

Actions (login required)

View Item View Item