Penanaman Nilai-Nilai Keagamaan Melalui Ekstrakulikuler Hadrah Di MTs Wahid Hasyim Kapuran Badegan Ponorogo

Maghfiroh, Yeny Nafiatul (2020) Penanaman Nilai-Nilai Keagamaan Melalui Ekstrakulikuler Hadrah Di MTs Wahid Hasyim Kapuran Badegan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPAI_I-VI_YENY-NAFIATUL-MAGHFIROH-_210316164_..pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Maghfiroh, Yeny Nafiatul 2020, Penanaman Nilai-Nilai Keagamaan Melalui
Ekstrakulikuler Hadrah Di MTs Wahid Hasyim Kapuran Badegan
Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing, Yusmicha Ulya Afif M. Pd.I.
Kata Kunci: Penanaman Nilai-Nilai Keagamaan, Ekstrakulikuler, Hadrah.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa pendidikan Islam
merupakan pendidikan yang sangat penting bagi anak. Karena seiring dengan
perkembangan zaman nilai-nilai ajaran Islam itu sangat mewarnai dan mendasari
seluruh proses pendidikan baik pendidikan formal ataupun nonformal. Pada
pendidikan formal di sekolah, penanaman nilai-nilai keagamaan dapat
diintregasikan pada setiap mata pelajaran agama. Selain melalui mata pelajaran
yang diajarkan, penanaman nilai-nilai keagamaan juga dapat diberikan melalui
ekstrakulikuler. Seperti yang ditemukan di MTs Wahid Hasyim Kapuran,
merupakan salah satu lembaga yang menanamkan nilai-nilai keagamaan kepada
peserta didiknya melalui ekstrakulikuler hadrah, nilai yang terdapat dalam
ekstrakulikuler hadrah diantaranya adalah nilai akidah, nilai akhlak, nilai sosial,
dan nilai ibadah.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui faktor pendukung dan
penghambat ekstrakulikuler hadrah di MTs Wahid Hasyim Kapuran Badegan
Ponorogo. (2) mengetahui nilai-nilai keagamaan yang terkandung dalam
ekstrakulikuler hadrah di MTs Wahid Hasyim Kapuran Badegan Ponorogo. (3)
mengetahui pelaksanaan ekstrakulikuler hadrah di MTs Wahid Hasyim Kapuran
Badegan Ponorogo.
Penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan penelitian
kualitatif. Dalam hal ini penelitian yang digunakan peneliti adalah study kasus
yakni pendekatan yang dilakukan untuk meneliti suatu program, kegiatan,
peristiwa ataupun kelompok, juga digunakan untuk menghimpun data,
mengambil makna dan memperoleh pemahaman. Instrumen penelitian
menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis
menggunakan analisa interaktif Miles Huberman dengan beberapa tahapan yaitu
reduksi data, penyajian data dan penyimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa (1) faktor pendukung
dan penghambat dalam pelaksanaan ekstrakulikuler hadrah ini dapat dilihat dari
dua sudut pandang yakni faktor internal dan eksternal. Faktor internal berupa
masih terdapat siswa yang bolos mengikuti pelatihan hadrah, sedangkan faktor
eksternal berupa fasilitas untuk pelatihan hadrah yang sudah memadai. (2) dalam
ekstrakulikuler hadrah ini terdapat beberapa nilai-nilai keagamaan diantaranya
nilai aqidah, nilai akhlak, nilai ibadah, dan nilai sosial. (3) pelaksanaan
ekstrakulikuler hadrah ini dilakukan dua kali dalam satu minggu yakni hari
selasa dan sabtu mulai pukul 14.00 sampai 16.00 WIB.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yusmicha Ulya Afif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Dec 2020 02:05
Last Modified: 03 Dec 2020 02:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11982

Actions (login required)

View Item View Item